KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Teknik Jitu Agar Customer Cepat Closing Saat Belanja Online

teknik closing jualan online
Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Teknik Jitu Agar Customer Cepat Closing Saat Belanja Online | Halo Sobat Marketing! Bisnis online saat ini memang menjadi salah satu peluang yang sangat menjanjikan untuk dicoba. Alasannya, karena bisnis online lebih mudah dikenal seiring dengan kemajuan digitalisasi sehingga bukan hal yang sulit untuk memasarkan bisnis.

Baca: Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Tapi tahukah anda? Bisnis tanpa disertai teknik closing jualan online tidak akan membuahkan hasil maksimal. Maksudnya, meski berbagai langkah dalam membangun bisnis online sudah diterapkan, namun tidak mampu menarik minat pelanggan untuk membeli, maka hasilnya akan sia-sia.

Baca: Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Oleh karena itu, saat bisnis sudah siap beroperasional, maka anda pun harus menerapkan teknik closing agar semakin banyak calon konsumen yang bertransaksi. Di luar sana mungkin sudah banyak strategi yang dibagikan tentang bagaimana cara agar mudah closing dalam penjualan. Namun, banyaknya teknik closing tentu akan membuat anda bingung mana yang paling mudah diterapkan sekaligus paling jitu. Terlebih lagi jika saat ini anda sedang mencoba memulai bisnis online dari nol.

Apakah Perlu Untuk Menerapkan Semua Teknik Closing?

Sumber: Unsplash.com

Sebagai enterpreneur pemula, sangat penting untuk membangun citra bisnis anda sedari awal. Meskipun semua strategi closing terlihat menjanjikan bagi prospek bisnis anda ke depannya, bukan berarti seluruhnya harus anda coba setiap kali melayani pertanyaan pelanggan. Oleh karena itu, supaya teknik closing sales efektif diterapkan pada bisnis anda, cukup aplikasikan teknik yang paling sesuai untuk karakter bisnis anda. Dengan begini, fokus waktu anda akan lebih teralokasikan pada strategi yang tepat dalam menarik pelanggan agar cepat deal.

Langkah Sebelum Membawa Pelanggan Segera Closing

Sumber: Unsplash.com

Jangan tergesa-gesa dalam membujuk pelanggan untuk segera membeli produk anda. Buat mereka yakin terlebih dahulu dengan kualitas dan semua layanan bisnis anda dengan menggunakan testimoni dari pembelian customer sebelumnya. Bukti kepuasan dalam testimoni inilah yang akan menambah kepercayaan mereka sehingga tidak ragu untuk memilih produk anda.

Baca: 5 Langkah Mudah Lakukan Validasi Ide Bisnis Online Menguntungkan

Ketika sudah cukup yakin, pelanggan pasti akan langsung mempertimbangkan harga. Inilah pijakan yang cukup tricky di mana mereka akan membandingkan harga dengan kualitas dan spesifikasi produk. Apakah kelebihan produk anda relevan dengan harga? Apakah mereka pantas membayar harga tersebut?

Baca: Mengenal Perbedaan Paid Promote & Endorse Agar Jualan Laris Manis

Semua pertanyaan para pelanggan ini harus segera dihilangkan dengan menggunakan teknik coret harga. Tentu harga yang anda coret adalah harga sebelum promo spesial atau discount dan kemudian tekankan harga setelah potongan. Cara ini akan membuat harga produk anda lebih terjangkau di mata pelanggan.

Penerapan Strategi Closing Efektif

Sumber: Unsplash.com

Untuk memainkan strategi ini, anda perlu mencapai ketertarikan pelanggan. Hal ini akan terlihat saat mereka mulai bertanya secara spesifik tentang produk anda setelah melihat di media pemasaran. Di tahap inilah anda bisa memulai teknik closing bisnis online.

1. Berikan Opsi Dan Pujian

Proses closing akan mudah tercapai jika strategi penjualan dilakukan dengan benar dan pelanggan memang dalam keadaan butuh. Jika anda menghadapi posisi seperti ini, anda bisa langsung memberikan opsi spesifikasi produk di mana customer hanya bisa memilih antara A atau B.

Meski terkesan berani, cara ini akan lebih mengerucutkan posibilitas anda untuk mencapai closing. Selain itu, anda juga dapat merekomendasikan produk yang sesuai dengan pribadi dan karakter customer. Dengan begitu, anda bisa memberikan pujian kepada pelanggan jika memang produk tersebut sangat cocok untuknya.

2. Tambahkan Bonus 

Anda bisa juga mengimbanginya dengan daya tarik tambahan seperti memberikan bonus berupa suatu item secara cuma-cuma. Teknik ini akan sangat efektif dilakukan untuk produk bisnis baru yang fokus untuk memperkenalkan nama ke pasar yang lebih luas. Di sini pelanggan akan lebih terkesan dengan poin plus bisnis anda. Perlu diingat juga untuk selalu menerapkan bonus yang berkesan bagi pelanggan, tapi tidak begitu pricey.

3. Gunakan Perbandingan

Teknik lainnya yang patut dicoba adalah dengan membandingkan produk anda dengan produk kompetitor. Dengan karakter customer yang cenderung mencari produk terbaik sesuai keinginannya, anda perlu membuat negosiasi ini meyakinkan dengan meng-highlight kelebihan dan harga yang mereka dapat jika menggunakan produk anda dibandingkan produk kompetitor.

4. Eksklusifitas Dan Now Or Never

Jika masih belum berhasil, artinya anda perlu meng-elevate ke teknik jitu lainnya yang menunjukkan kepercayaan diri bisnis seperti teknik eksklusifitas dan now or never. Kedua teknik ini sangat menekankan pada terbatasnya kuota/periode/discount untuk produk bisnis anda sehingga akan memancing keinginan pelanggan untuk cepat menyelesaikan transaksi pembelian. Langkah ini merupakan teknik closing bisnis online yang patut anda coba.

Jika Pelanggan Ragu, Lantas Bagaimana?

Sumber: Unsplash.com

Di sinilah tugas anda untuk menggalinya dan tawarkan hal-hal yang bisa anda lakukan untuk menutupi keberatan mereka. Dan pastikan penawaran yang anda bangun adalah sesuatu yang bukan merugikan operasional bisnis. Namun, jika pelanggan tetap belum merespon rekomendasi dan tawaran anda, sebaiknya berilah pelanggan sedikit waktu lebih untuk berpikir dan menentukan. Bentuk kepedulian seperti ini cukup mempengaruhi nilai tambah bisnis anda dalam memahami keinginan mereka sekaligus membangun kesan yang lebih mengikat.

Selalu Asah Kemampuan Closing Bisnis Anda

Sumber: Unsplash.com

Sebanyak 36% pengusaha di area regional Asia Tenggara mengaku sulit untuk mencapai tahap closing. Dapat dibayangkan bukan bagaimana sulitnya membuat pelanggan tertarik untuk membeli? Namun, bukan berarti semua cara agar mudah closing dalam berbisnis mustahil diterapkan. Mesti sudah banyak referensi tentang cara mudah closing untuk bisnis, tetap dalam pengaplikasiannya perlu latihan yang konsisten untuk menghadapi calon konsumen,.

Selain itu, mesti anda perhatikan juga dalam menggunakan teknik closing terhadap konsumen pun harus menyesuaikan kondisi pelanggan supaya terlihat natural dan tidak terkesan memaksa. Jangan sampai agresivitas untuk segera closing malah membuat pelanggan tertekan dan kehilangan minat terhadap produk yang anda tawarkan.

Bila anda membutuhkan bantuan teknik jitu pemasaran digital efektif untuk bisnis anda atau jasa manajemen instagram untuk bisnis yang sedang anda kembangkan, silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan masukan berarti bagi kelangsungan bisnis anda. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: