KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Strategi Tingkatkan Omzet Bisnis: Up Selling, Down Selling, Cross Selling

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Strategi Tingkatkan Omzet Bisnis: Up Selling, Down Selling, Cross Selling | Halo Sobat Marketing! Dalam menjalankan sebuah bisnis, menerapkan sebuah strategi memang dibutuhkan agar usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan baik. Jika strategi yang digunakan tepat sasaran, kenaikan omzet penjualan, sekaligus keuntungan bisnis pun dapat tercapai dengan lebih maksimal.

Mengikuti perkembangan zaman, kini juga sudah banyak entrepreneur yang memutuskan untuk menjalankan usaha secara online. Apalagi mempromosikan produk kepada masyarakat lebih mudah dilakukan melalui media digital. Hal ini didukung oleh hasil survey yang dikutip dari situs katadata.co.id. Terdapat lebih dari 51% peningkatan jumlah pebisnis yang mengalokasikan anggaran promosi digital sepanjang tahun 2018-2019.

Kreativitas Mempengaruhi Sebuah Bisnis, Benarkah?

Sumber: Unsplash.com

Menjalankan sebuah bisnis memang dibutuhkan persiapan yang matang, salah satunya dengan konsisten menciptakan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. Para pebisnis dituntut untuk selalu kreatif untuk menghasilkan produk yang berbeda dari yang lain sehingga mampu menarik minat para calon konsumen.

Baca: Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Nah, apakah benar kreativitas itu mampu mempengaruhi bisnis? Hasil survey dari Forrester yang dikutip dari northeastern.edu menyatakan bahwa sebesar 82% para pebisnis setuju jika sumber keuntungan terbesar mereka berasal dari hasil kreativitas. Artinya, kreativitas memang menjadi salah satu bagian dari strategi tingkatkan omzet bisnis yang sangat penting bila ingin membangun sebuah bisnis yang sustainable.

Perlukah Memaksimalkan Penjualan Secara Online Agar Bisa Melebihi Penjualan Offline Bisnis Anda?

Sumber: Yandex.com

Penjualan secara online memang memberikan dampak besar dalam dunia bisnis modern. Terbukti dengan mudahnya para entrepreneur online dalam memulai usaha hingga melakukan penjualan yang dapat menjangkau target pasar dengan lebih cepat. Selain itu, penjualan online pun mampu memberikan efisiensi biaya saat melakukan promosi produk. Jika melihat potensi omset penjualan online yang cukup menggiurkan, apakah penjualan online harus lebih dimaksimalkan agar melebihi penjualan offline, terutama bagi pebisnis konvensional yang belum memanfaatkan digital marketing sebagai strategi pemasarannya?

Baca: Strategi Powerful Jalankan Video Marketing Agar Jualan Makin Laris

Sebagai pertimbangan, mari lihat data yang dirilis oleh techinasia.com yang menunjukkan bahwa total pelaku bisnis berbasis online di Indonesia pada tahun 2018 mengalami peningkatan hingga 4,5 juta, dan berpotensi terus mengalami kenaikan di tahun selanjutnya. Tidak hanya itu saja, sebesar 99% para pebisnis yang memanfaatkan sistem online merupakan pengusaha mikro. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa penjualan online yang dapat menjangkau target market lebih luas dan cepat perlu dimaksimalkan dengan baik mulai dari sekarang.

Tips Penjualan Sederhana Agar Calon Konsumen Langsung Tertarik Melakukan Pembelian

Sumber: Unsplash.com

Meskipun sebuah bisnis mempunyai produk dengan kualitas terbaik, hal tersebut akan percuma apabila tidak ada aktifitas penjualan sales yang berjalan secara kontinyu. Tujuan adanya program marketing dan sales yang tepat adalah untuk menarik perhatian konsumen dan menjadikan produk yang ditawarkan bisa laris di pasaran. Lalu, bagaimana cara meningkatkan penjualan sales agar pembeli langsung tertarik melakukan pembelian? Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk bisnis online anda

A. Berikan Kesan Eksklusif Kepada Para Pelanggan

Ada banyak hal yang diperhatikan oleh seorang konsumen ketika baru pertama kali diperkenalkan sebuah produk sebelum akhirnya memutuskan suatu pembelian. Inilah yang menjadi peran marketing dan sales agar dapat menonjolkan kelebihan serta membangun kesan ekslusif dari produk yang ditawarkan. Misalnya, melakukan produksi dengan jumlah terbatas namun memasarkannya dengan cara marketing scarcity atau kelangkaan. Cara ini cukup efektif untuk mendorong konsumen melakukan transaksi pembelian.

B. Sekarang Atau Tidak Sama Sekali

Memberikan batas waktu untuk memperoleh suatu produk menjadikan konsumen berlomba-lomba untuk segera melakukan transaksi. Hal ini menjadi salah satu strategi sales bisnis online ataupun offline yang cukup efektif karena memunculkan psikologi fear of missing out kepada target konsumen. Dimana produk yang ditawarkan biasanya hanya memiliki kuota yang terbatas, serta membutuhkan waktu cukup lama hingga beredar kembali di pasaran.

C. Menjelaskan Keuntungan

Para konsumen tertarik membeli sebuah produk karena adanya kelebihan yang tidak ditemukan di produk lain. Oleh karena itu, peran marketing dan sales tidak hanya menawarkan, namun juga menjelaskan secara detail mengenai keuntungan yang diperoleh konsumen jika akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

D. Penawaran Harga Yang Lebih Murah

Siapa yang tidak tertarik dengan harga yang lebih murah dari kompetitor? Harga murah disini belum tentu mengorbankan kualitas yang baik. Ini menjadi strategi penjualan yang cukup menarik karena mampu membangun minat konsumen untuk segera menyelesaikan transaksi demi memperoleh produk/layanan anda tawarkan.

E. Menceritakan Testimoni Dari Pelanggan Sebelumnya

Jika penawaran yang dilakukan belum mampu menggugah para konsumen untuk segera melakukan transaksi, maka satu cara terbaik untuk meyakinkan mereka adalah menceritakan testimoni dari pelanggan sebelumnya yang sudah menggunakan produk atau layanan dari bisnis anda. Pendapat dari konsumen lain memberikan kesan jujur terhadap produk anda atau yang biasa disebut juga dengan istilah social proof.

Mengenal Teknik Penawaran Produk: Up Selling, Cross Selling, & Down Selling

Sumber: Yandex.com

Cara meningkatkan penjualan online tentu perlu memperhatikan banyak aspek dan stretagi pendukung agar bisnis online yang anda jalankan dapat berjalan dengan lancar. Beberapa teknik penawaran produk yang bisa digunakan untuk meningkatkan omzet bisnis anda adalah up selling, cross selling dan down selling.

1. Teknik Up Selling

Up Selling merupakan teknik penjualan dengan cara menawarkan produk yang memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang akan dibeli konsumen pada saat transaksi. Manfaat up selling sendiri adalah memberikan alternatif pilihan kepada konsumen. Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih mahal, tawaran up selling juga mengutamakan kualitas, fitur, atau kelebihan yang lebih baik dari produk awal yang ditawarkan.

2. Teknik Cross Selling

Teknik ini memberikan penawaran kepada konsumen untuk melengkapi produk yang sudah dibeli. Cara kerja cross selling misalnya konsumen membeli sebuah tempat makanan, lalu ditawarkan produk lainnya, seperti tempat minum dan sedotan sebagai pelengkapnya.

3. Teknik Down Selling

Down Selling adalah teknik penjualan yang menawarkan produk dengan harga lebih murah dibandingkan produk yang akan dibeli oleh konsumen. Hal ini dapat dilakukan jika konsumen mempunyai budget terbatas, tapi ingin membeli produk dengan harga tinggi. Biasanya teknik down selling membantu konsumen untuk memperoleh produk yang harganya sesuai dengan daya beli mereka.

Penutup

Memahami dunia bisnis dan bagaimana cara menjalankannya memang selalu menarik untuk diketahui. Apabila anda tertarik untuk memulai sebuah bisnis online dan membutuhkan bantuan dari expert, silahkan Hubungi Kami untuk konsultasi digital marketing secara virtual. Atau share di kolom komentar untuk berbagi tips dan strategi tingkatkan omzet bisnis online lainnya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: