KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Strategi Sukses Menghasilkan Uang Lewat Affiliate Marketing

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Strategi Sukses Menghasilkan Uang Lewat Affiliate Marketing | Halo Sobat Marketing! Perkembangan internet yang pesat memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai macam aktivitas online, termasuk dalam menjalankan bisnis affiliate marketing. Lantas, apa itu affiliate marketing? Secara umum, affiliate marketing artinya bisnis yang tujuannya untuk memperoleh komisi dari para pebisnis lainnya dengan cara menjual produk mereka kepada konsumen.

Baca: Bagaimana Influencer Yang Efektif Bisa Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Mendapatkan uang dari affiliate marketing ini memang menarik minat banyak orang. Alasannya adalah karena bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan cukup mudah untuk dilakukan. Berdasarkan survey dari Mediakix, sebesar 81% brand perusahaan mengandalkan program affiliate untuk mempromosikan bisnis.

Baca: Teknik Jitu Agar Customer Cepat Closing Saat Belanja Online

Tentunya, bisnis affiliate ini menjadi peluang untuk mendapatkan cuan dengan mudah. Namun, untuk menjadi seorang affiliate marketer dibutuhkan juga strategi yang tepat untuk memperoleh keuntungan dengan maksimal. Nah, berikut adalah beberapa pembahasan KlubMarketing.com mengenai strategi yang bisa anda lakukan jika ingin mulai berbisnis affiliate.

Teliti Menentukan Jenis Produk Affiliate Yang Ingin Dipasarkan

Sumber: Yandex.com

Kesalahan terbesar dalam affiliate marketing adalah tidak teliti dalam menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan. Cara terbaik untuk memilih produk yang tepat adalah dengan memahami kondisi yang sedang dihadapi pasar, misalnya dengan  melakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu anda akan mengetahui produk seperti apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh para konsumen.

Cara: Strategi Powerful Jalankan Video Marketing Agar Jualan Makin Laris 

Dilansir dari hostingtribunal.com, pengaruh affiliate marketing terhadap produk yang ditawarkan dan relevansi dengan kebutuhan pasar menghasilkan presentase sebesar 18.15%. Meski tersedia ribuan produk yang dapat anda pilih untuk dipromosikan, tapi akan lebih efektif jika anda mengetahui kebutuhan para konsumen sehingga promosi anda pun tepat sasaran.

Melakukan Testing Aktivitas Promosi Efektif Untuk Tingkatkan Traffic

Sumber: Yandex.com

Melalui internet, terdapat beberapa sumber traffic penjualan terbesar dalam skala marketing global yang bisa dimanfaatkan oleh seorang affiliate marketer. Dilansir dari hostingtribunal.com, sebesar 69.22% sumber traffic berasal dari SEO, 67.32% dari jejaring sosial, 64.48% dari blogging, 41.47%, dari email marketing dan yang terakhir adalah pembelian per klik sebesar 34.28%.

Baca: 5 Teknik Social Proof Efektif Untuk Tingkatkan Reputasi Bisnis Online 

Oleh karena itu, sebagai affiliate marketer, anda harus menemukan cara efektif untuk melakukan promosi produk supaya traffic penjualan meningkat. Salah satunya adalah dengan melakukan testing dan melihat bagaimana respon para target konsumen setelah mengetahui promosi yang anda lakukan. Apakah memberikan hasil yang positif atau justru sebaliknya.

Menyebarkan Link Kode Refferal ke Berbagai Platform Social Media

Sumber: Yandex.com

Memanfaatkan social media merupakan salah satu tips sukses menjalankan affiliate marketing. Gunakan konten yang relevan agar pemasaran produk yang anda lakukan sesuai dengan karakteristik target pasar. Ada banyak platform media sosial yang dapat anda gunakan, seperti Youtube untuk pemasaran melalui video berdurasi panjang, Instagram untuk pemasaran melalui foto karena lebih menonjolkan kualitas gambar, atau Twitter untuk pemasaran yang lebih banyak menggunakan rangkaian kata.

Baca: Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini Agar Bisa Cuan

Hasil survey dari Sproutsocial menyebutkan bahwa penggunaan social media sebagai media promosi bisnis pada tahun 2019 menghasilkan presentase sebesar 90% untuk Instagram, 89% untuk Facebook, dan 79% untuk Twitter. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh media sosial terhadap bisnis affiliate marketing memberikan dampak positif dalam meningkatkan traffic penjualan.

Membuat Storytelling Menarik Untuk Mengedukasi Calon Konsumen

Sumber: Yandex.com

Menghasilkan uang lewat affiliate marketing juga membutuhkan kreativitas sehingga dapat menarik minat calon konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan. Salah satu caranya adalah dengan membuat storytelling berupa edukasi terkait produk afiliasi yang anda pilih. Biasanya, agar penerapan storytelling ini lebih tepat sasaran, maka anda perlu memaksimalkan tulisan anda dengan memahami ragam tipe copywriting efektif terlebih dahulu.

Baca: Instagram Marketing Tips: Ragam Tipe Konten Untuk Maksimalkan Brand Building

Storytelling dapat menjadikan produk yang ditawarkan terlihat lebih unik karena mampu membangun hubungan emosional dengan calon konsumen. Selain itu, penggunaan teknik storytelling juga tidak memaksa para calon konsumen untuk membeli produk saat itu juga karena tugas anda hanya berbagi cerita. Selebihnya, keputusan untuk melakukan transaksi pembelian tergantung dari calon konsumen itu sendiri.

Menampilkan Review & Testimonial Untuk Menunjukkan Kredibilitas Produk

Sumber: Yandex.com

Mengulas (review) produk dapat menjadi bentuk transparansi yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Adanya testimoni dari konsumen sebelumnya dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk anda. Adanya ulasan dan testimonial ini sekaligus dapat menunjukkan kredibilitas produk yang ditawarkan.

Baca: Pentingnya Menulis Konten Artikel SEO Berkualitas Untuk Blog Bisnis Online

Dilansir dari zdnet.com, sebesar 53% para konsumen lebih menyukai sebuah produk yang mengutamakan transparansi, khususnya dalam promosi produk di social media. Selain itu, 85% para konsumen juga menyatakan pendapat bahwa para pebisnis bertanggung jawab terhadap masyarakat terkait persoalan transparansi saat mempromosikan produk yang dijual.

Memahami Karakteristik Target Konsumen Produk Afiliasi

Sumber: Yandex.com

Anda yang telah mengenal affiliate marketing juga harus memahami karakteristik target konsumen terlebih dahulu sebelum mempromosikan produk. Misalnya saja pada produk yang ditujukan untuk anak muda, maka target pasar anda tentunya adalah kalangan anak muda. Jika anda menawarkannya pada orang tua, maka promosi yang anda lakukan tidak efektif dan tidak tepat sasaran sehingga dapat berimbas pada traffic penjualan yang menurun.

Itulah sebabnya, mengapa belajar dan mengenal affiliate marketing lebih dalam diperlukan supaya anda dapat memahami bagaimana menjadi seorang affiliate marketer yang baik. Jika anda ingin belajar lebih dalam tentang topik digital marketing lainnya, jangan lupa follow dan pantau terus KlubMarketing.com di Instagram, Facebook, dan Twitter ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: