Strategi Praktis Untuk Tingkatkan Engagement Konten Instagram Bisnis Online Anda - KLUBMARKETING.COM

KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Strategi Praktis Untuk Tingkatkan Engagement Konten Instagram Bisnis Online Anda

Sumber: Unsplash.com 

KlubMarketing.com – Strategi Praktis Untuk Tingkatkan Engagement Konten Instagram Bisnis Online Anda | Halo Sobat Marketing! Instagram kini menjadi salah satu platform media sosial yang paling aktif. Menurut sumber dari Tempo.co, Indonesia tercatat memiliki 45 juta pengguna Instagram yang sekaligus menjadi market terbesar di Asia Pasifik. Dengan demikian, instagram bisa anda manfaatkan untuk memaksimalkan jangkauan pemasaran. 

Baca: 5 Langkah Mudah Lakukan Validasi Ide Bisnis Online Menguntungkan

Namun, untuk dapat berhasil menggunakan Instagram sebagai media promosi bisnis online, anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara meningkatkan engagement konten instagram. Serta ide konten instagram seperti apa yang efektif untuk postingan bisnis anda. Mari simak pembahasan detailnya bersama!

Mengenal Apa Itu Engagement Instagram? 

Sumber: Unsplash.com

Mengelola instagram sebagai saluran pemasaran bisnis online tentu tidak terlepas dari istilah engagement. Ini merupakan rasio yang menunjukkan seberapa besar interaksi dan pengaruh akun instagram anda terhadap follower. Cara untuk mengetahuinya cukup mudah dengan rumus berikut:

Engagement Rate (%)=  (Likes+Comments+Shares)/(Jumlah Followers)  x 100

Misalkan, sudah ada 500.000 followers di instagram bisnis anda, dimana setiap konten yang dirilis mendapatkan 50.000 likes dengan 100 komentar, tanpa ada share. Maka, dengan mengunakan rumus tersebut, tingkat engagement rate akun anda adalah 10.02%. 

Memahami tingkat engagement rate suatu akun instagram sangatlah penting karena bisa dijadikan acuan evaluasi kualitas akun tersebut. Apabila anda menjalankan promosi bersama dengan publik figur melalui strategi endorsement, maka melalui engagement rate inilah, anda dapat melihat seberapa besar pengaruh tokoh tersebut.

Cara Meningkatkan Engagement Akun Instagram Bisnis Anda

Sumber: Unsplash.com

Peran engagement sangat penting dalam sebuah platform instagram bisnis online karena seiring berkembangnya interaksi dengan follower, maka potensi transaksi pembelian akan turut meningkat.

1. Lakukan Posting Setiap Hari

Agar suatu brand makin dikenal oleh target konsumen, maka konsistensi dalam memposting konten instagram baru setiap harinya sangat dibutuhkan. Menurut hasil studi yang dilansir dari Falcon, kuantiti terbaik untuk postingan instagram adalah 1-2 kali post dalam satu hari. Dengan demikian, feed instagram anda akan selalu relevan dengan audiens yang menjadi target market anda.

Baca: Mengenal Perbedaan Paid Promote Dan Endorse Agar Jualan Laris Manis

Selain itu, manajemen konten instagram juga termasuk memahami waktu terbaik untuk merilis postingan terbaru. Rekomendasi waktu terbaik untuk maksimalkan strategi konten instagram adalah antara pukul 8-9 pagi, 12-1 siang, 3-5 sore, dan 6-9 malam. Namun, bila menginginkan interaksi yang lebih baik, anda bisa memposting hingga 30 postingan baru secara konsisten setiap harinya.

2. Gunakan Tema Feed Yang Konsisten

Pada dasarnya, instagram merupakan suatu platform media sosial yang mengutamakan kualitas konten visual. Berdasarkan studi dari WebDam, 60% brand dengan performa terbaik di instagram selalu menggunakan tema feed yang konsisten dalam setiap postingannya. Maka, penting sekali untung membuat sebuah identitas brand yang menarik bagi target audiens bisnis online anda. Anda bisa gunakan VSCO Cam atau Adobe Lightroom untuk ciptakan feed yang sesuai dengan tren di kalangan milenial atau generasi Z.

3. Rutin Mengecek Insight Statistik Instagram 

Anda juga dapat memahami perilaku audiens anda dengan melihat fitur instagram business insight. Melalui fitur ini, anda bisa mengetahui kapan followers anda aktif membuka instagram. Buatlah schedule postingan yang sesuai dengan data insight ini untuk memastikan postingan anda dilihat oleh mereka saat pertama rilis.

Baca: Strategi Call-To-Action Efektif Untuk Tingkatkan Konversi Bisnis Online

Cobalah berfokus pada satu area tema yang direpresentasikan melalui profil bio instagram anda. Gunakan pola visual yang konsisten dan ciptakan interaksi dengan followers secara rutin. Dengan demikian, engagement serta loyalitas followers anda akan dapat terbentuk dengan sendirinya. Buatlah roadmap sesuai dengan best practice instagram sehingga anda dapat menciptakan brand persona yang menarik bagi calon konsumen anda.

4. Menjalankan Kampanye User Generated Content 

Bila dilakukan dengan benar, maka kampanye user generated content di dalam instagram ini dapat menciptakan followers yang loyal sehingga berubah menjadi brand advocates bisnis anda. Tujuan akhir dari kampanye seperti ini adalah menciptakan engagement terhadap konsumen, serta meningkatkan image brand anda.

5. Ciptakan Copywriting Dengan Storytelling Yang Kuat

Menggunakan platform instagram sebagai saluran promosi dapat dilakukan dengan memaksimalkan visual gambar foto, video, dan text copywriting caption instagram. Storytelling yang menarik akan membantu membangun koneksi antara suatu brand dengan konsumennya. Dengan demikian, followers yang merasakan koneksi emosional tersebut akan cenderung lebih terdorong melakukan pembelian dan membagikan cerita tersebut.

Baca: 7 Teknik Copywriting Efektif Agar Landing Page Hasilkan Konversi Penjualan Tinggi

Dalam membuat caption, gunakan storytelling yang dapat memposisikan brand anda sebagai sosok manusia yang dekat dengan audiensnya. Tulisan caption yang dibuat seperti micro blog ternyata sudah terbukti lebih engage dengan audiens instagram, dan dapat memicu mereka menyimpan dan membagikan postingan tersebut. Kembangkan konten sesuai minat ataupun problem yang dihadapi oleh target konsumen bisnis online anda.

6. Maksimalkan Engangement Konten Instagram Dengan Hashtag

Menggunakan hashtag yang terlalu umum akan membuat postingan instagram anda bersaing ketat dengan jutaan postingan lainnya. Maka, gunakan hashtag sesuai tren yang sedang berlangsung, serta hashtag yang spesifik sesuai industri bisnis online anda agar dapat ditemukan oleh audiens yang menjadi target market anda.

Untuk hasil terbaik, lakukan riset hashtag dengan melihat tipe konten, serta jumlah likes yang menjadi top performing post di hashtag yang sedang anda riset. Mengenai jumlah hashtag, hasil studi terkini dari Falcon menunjukkan bahwa 91% postingan instagram dari top brands menggunakan maksimal 11 hashtag untuk meningkatkan interaksi.

Bila anda kesulitan untuk menentukan jumlah hashtag yang tepat untuk bisnis online anda, identifikasikan jumlah hashtag yang digunakan oleh kompetitor dan influencer di niche bisnis anda. Kemudian, lakukan eksperimen dengan sampai anda menemukan jumlah hashtag yang tepat untuk instagram bisnis anda.

7. Bangun Kolaborasi Dengan Micro Influencer

Perkembangan platform Instagram yang begitu pesat membuat bisnis online harus turut beradaptasi dengan membangun kolaborasi bersama micro influencer atau publik figur yang sesuai dengan niche bisnis anda. Hal ini dibutuhkan untuk mencapai audiens baru yang sesuai dengan target konsumen.

Dalam memilih influencer untuk bisnis online anda tentu tidak bisa sembarangan. Anda harus memahami terlebih dahulu apa definisi dari influencer sebelum menjalankan strategi influencer marketing. Carilah influencer dengan value yang sejalan dengan bisnis anda sehingga kampanye yang dijalankan terlihat lebih autentik dan jujur.

Maka dari itu, memulai kerjasama dengan micro-influencer dan menjadi konsumen reguler sebagai brand ambassador bisnis anda merupakah langkah tepat bagi bisnis online anda. Bahkan, menurut studi terkini micro-influencer secara konsisten dapat memberikan tingkat engagement yang lebih tinggi sekitar 2-3% dibandingkan macro-influencers yang berada di angka 1.7% saja.

8. Jalankan Kontes Giveaway Instagram

Menjalankan strategi marketing di instagram berupa kontes dapat meningkatkan jumlah likes hingga 3.5 kali, serta komentar 64 kali lebih banyak dibandingkan postingan reguler di instagram. Giveaway adalah jenis kontes instagram yang paling populer dimana sebuah bisnis online memberikan produk atau layanan jasa kepada audiensnya secara gratis dengan syarat tertentu.

Cara menjalankan kontes giveaway yang sukses adalah memulainya dengan strategi perencanaan yang solid dan menentukan tujuan serta peraturan kontes giveaway tersebut. Misalnya dengan kewajiban follow akun bisnis anda, memberikan like pada postingan, serta tag postingan kepada teman follower lainnya.

Selain itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi bersama brand lain untuk membantu meningkatkan reach dengan melakukan aktifitas saling promote. Gunakan juga postingan yang menarik bagi audiens anda untuk kemudian dipromosikan melalui instagram ads, e-mail blast, website banner, dan menyebarkannya di platform sosial media bisnis online anda yang lain. Dengan demikian, engagement serta brand awareness dapat meningkat.

Itulah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan engagement konten instagram bisnis online anda. Bila anda tidak memiliki waktu untuk mengelola konten marketing instagram sendiri, maka Hubungi Kami untuk memberikan dukungan jasa manajemen konten instagram kepada bisnis anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: