KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Strategi Powerful Jalankan Video Marketing Agar Jualan Makin Laris

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Strategi Powerful Untuk Jalankan Video Marketing Agar Jualan Makin Laris | Halo Sobat Marketing! Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya bisnis anda berjalan dengan lancar sehingga jualan anda makin laris. Salah satunya adalah menerapkan strategi video marketing yang tepat sehingga target pasar yang dibidik tertarik membeli produk ataupun jasa layanan yang anda tawarkan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Wyzwol pada tahun 2018, dikatakan bahwa 81% pelaku bisnis menggunakan media visual seperti video sebagai media pemasaran. Presentase ini terus meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya mencapai 63%.

Bahkan, 80% orang merasa lebih yakin melakukan pembelian setelah menonton video marketing. Lalu, bagaimana caranya menjalankan video marketing agar bisa menjangkau audiens anda secara tepat? Berikut KlubMarketing.com membagikan strateginya agar jualan anda makin laris dan menarik bagi calon konsumen anda.

Pahamilah Audience Anda & Tetapkan Tujuan Komunikasi

Sumber: Yandex.com

Strategi digital marketing lewat video yang sukses tentu saja perlu diawali dengan banyak melakukan riset. Sebelum membuat video yang bertujuan untuk marketing, anda harus memahami karakter audience anda. Pahami siapa yang anda targetkan, kemudian konten seperti apa yang mereka suka. Dengan begitu, video pemasaran yang anda buat sesuai dengan karakter target pasar anda.

Baca: Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Kemudian, tentukan juga apa tujuan yang ingin anda capai dengan membuat video marketing tersebut? Apakah anda ingin mengenalkan varian produk baru kepada audience? Apakah anda ingin meningkatkan penjualan? Atau tujuan yang lainnya? Jika anda telah memahami apa yang dibutuhkan audience dan menetapkan tujuan komunikasi yang ingin dicapai, maka membuat video marketing menjadi lebih terarah.

Fokus Untuk Membangun Brand Anda Secara Tepat

Sumber: Yandex.com

Dalam menciptakan video marketing jitu, anda harus berfokus pada karakter brand bisnis anda. Dengan begitu, tujuan meningkatkan penjualan melalui video marketing dapat tercapai. Gunakan cara promosi b2b bila video marketing yang dilakukan bertujuan untuk menarik distributor/reseller, lalu tambahkan dengan ajakan penawaran yang menguntungkan bagi calon partner bisnis anda.

Baca: Strategi Mengembangkan Bisnis Online Agar Lebih Banyak Orderan Masuk

Anda juga bisa membuat video lifestyle cinematography untuk membangun awareness brand anda kepada konsumen retail. Tujuannya supaya membuat calon pembeli percaya kualitas produk atau jasa anda. Maka dari itu, pentingnya konsistensi dalam memposting video brand secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kesuksesan brand awareness yang akhirnya berdampak ke penjualan anda. Pastikan juga anda menyampaikan pesan dengan jelas di setiap saluran pemasaran yang anda miliki.

Mengoptimalkan Penggunaan Video Di Media Sosial

Sumber: Yandex.com

Tahapan selanjutnya bila anda ingin mengembangkan bisnis online menggunakan video marketing adalah memaksimalkan setiap saluran media sosial bisnis yang anda buat. Bisnis online tidak mungkin hanya memiliki satu platform saja kan? Jadi, pastikan anda memasukkan video berkualitas untuk mengoptimalkan brand building di tiap sosial media anda.

Baca: Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Jarang Disadari Oleh Pengusaha Indonesia

Jangan ragu berinvestasi pada tampilan visual profesional untuk bisnis anda, baik foto ataupun video. Semakin profesional tampilan bisnis online anda, akan semakin membuat konsumen yakin anda serius dalam mengembangkan bisnis anda. Namun, perlu diperhatikan juga saat ingin mengunggah video di instagram dan facebook, durasinya tidak perlu terlalu panjang

Baca: Mengenal Search Engine Optimization Sebagai Strategi Digital Marketing Efektif

Sementara, bila video yang anda buat hendak diunggah ke dalam Youtube, maka durasi yang dipakai boleh lebih panjang dengan jeda waktu posting 2 minggu dari video sebelumnya. Anda juga boleh menambahkan teks ke dalam video marketing tersebut untuk memaksimalkan engagement dengan audiens.

Melakukan Testing & Review Video

Sumber: Yandex.com

Memulai digital marketing bisa dibilang bukan hal mudah. Selain harus melakukan banyak riset supaya berhasil, anda juga harus melakukan banyak testing untuk mengetahui apakah video marketing yang dibuat sudah tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan bisnis anda. Setelah video pemasaran anda jadi, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan testing. Anda bisa meminta review dari partner atau tim bisnis anda sebagai audiens pertama.

Baca: Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Tanyakan kepada mereka, apakah video yang dibuat terlalu lama durasinya? Atau malah terlalu singkat dan kurang informatif? Jadikan feedback dari mereka sebagai Pastikan anda mereview terlebih dahulu dan meminta saran dari keluarga atau rekan anda sebagai audinece. Apakah video yang anda buat terlalu lama? Mungkin terlalu singkat? Atau bahkan kurang informatif. Dengan melakukan testing, maka bisa menyempurnakan video anda sebelum anda mempromosikannya ke audiens yang lebih luas.

Mulai Menjalankan Video Marketing Untuk Bisnis Anda

Sumber: Yandex.com

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai strategi bisnis online powerful untuk jalankan video pemasaran agar jualan makin laris dari KlubMarketing.com. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membangun brand bisnis anda. Silahkan tinggalkan komentar atau share artikel ini ke media sosial.

Bila anda kini sudah memiliki video pemasaran, namun belum maksimal dalam mempromosikannya. Atau tidak memiliki tim expert untuk menciptakan video marketing yang tepat sesuai dengan target pasar anda, maka anda bisa Hubungi Kami untuk mulai konsultasi secara online. Book sekarang karena slot terbatas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: