KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Strategi Bisnis Online Menguntungkan Agar Penjualan Terus Meningkat

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Strategi Bisnis Online Menguntungkan Agar Penjualan Terus Meningkat | Halo Sobat Marketing! Menjalankan bisnis online melalui Instagram menjadi salah satu pilihan terbaik bagi pebisnis dalam mempromosikan produknya kepada konsumen. Penggunaan Instagram yang mudah, gratis, dengan fitur-fitur menarik, menjadikan media sosial yang rilis pada tahun 2010 ini sukses menarik minat banyak pengguna di seluruh dunia.

Baca: 5 Cara Efektif Menentukan Target Market Bisnis Online

Dilansir dari digitalenterpreanur.id, sebanyak 80% pengguna Instagram setidaknya mem-follow satu akun bisnis. Jumlah presentase tersebut cukup besar sehingga menjadi salah satu cara promosi bisnis online yang efektif untuk membantu meningkatkan keuntungan penjualan. Namun, perlu diperhatikan untuk mencapai hal tersebut, anda perlu menerapkan strategi penjualan online di Instagram dengan tepat. Berikut adalah 7 strategi bisnis online yang bisa anda terapkan agar penjualan terus meningkat.

Menjalankan Strategi Endorse & Paid Promote Instagram

Sumber: Yandex.com

Kehadiran public figure di media sosial Instagram seperti selebgram atau pemeran film bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk melakukan promosi produk yang disebut dengan endorse dan paid promote. Strategi penjualan yang satu ini tentunya bertujuan agar produk anda lebih dikenal dan penjualan pun meningkat.

Baca: Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Jarang Disadari Pengusaha Indonesia

Endorse dan paid promote ini merupakan langkah promosi sebuah produk melalui akun Instagram para influencer yang mempunyai engagement tinggi. Sebesar 80% influencer menyatakan bahwa mereka lebih tertarik untuk menjalin kerjasama dengan sebuah brand melalui Instagram. Dilansir dari Influencer Marketing Hub tahun 2018, sebesar 92% para pebisnis pun mempercayakan influencer untuk pemasaran produk mereka.

Meningkatkan Interaksi Dengan Audiens Instagram

Sumber: Yandex.com

Menjalin komunikasi dengan audiens di Instagram merupakan strategi pemasaran online shop Instagram yang mampu membuat calon konsumen mempertimbangkan apakah mereka akan membeli produk yang ditawarkan atau tidak. Interaksi ini bisa diterapkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan audiens mengenai produk yang dipromosikan dengan lengkap, baik itu pertanyaan melalui kolom komentar maupun direct message.

Baca: Mengenal Search Engine Optimization Sebagai Strategi Digital Marketing

Satu lagi interaksi yang cukup ampuh untuk menarik audiens di Instagram adalah dengan menerapkan User Generated Content (UGC), yaitu menggunakan konten dari para konsumen yang telah membeli produk anda, baik dalam bentuk foto atau video yang kemudian diunggah ke halaman Instagram bisnis. Namun, pastikan konten yang diunggah telah mendapatkan izin dari pihak yang bersangkutan. Dilansir dari tintup.com, sebesar 35% para konsumen mempunyai keterikatan terhadap sebuah brand melalui UGC ini.

Maksimalkan Fitur Hashtag, Geo-Location, Dan Instagram Ads

Sumber: Yandex.com

Memaksimalkan fitur seperti hashtaggeo-location dan Instagram Ads mampu menjadikan bisnis anda lebih dikenal oleh banyak pengguna Instagram. Dilansir dari adespresso, mengunggah konten yang disertakan satu hashtag saja mampu meningkatkan tingkat engagement hingga 12.6%, 79% untuk penyematan lokasi pada unggahan konten, dan 73% untuk penggunaan Instagram Ads.

Menjalankan Program Promosi Giveaway

Sumber: Yandex.com

Siapa yang tidak senang mendapatkan sebuah produk secara gratis? Strategi bisnis online berupa giveaway ini dapat memberikan dampak positif pada bisnis anda, salah satunya adalah dapat membuat produk atau bisnis anda dikenal lebih cepat. Selain itu juga membuka banyak peluang untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen. Menerapkan program giveaway ini juga merupakan strategi pemasaran online shop untuk meningkatkan penjualan.

Baca: Strategi Tingkatkan Omzet Bisnis: Up Selling, Down Selling, Cross Selling

Hasil data dari outgrow.co menyatakan bahwa pengaruh giveaway mampu menaikkan followers di akun Instagram bisnis hingga 70%. Tidak hanya followers yang mengalami kenaikan, jumlah like pun bertambah hingga 3.5 kali dan kenaikan komentar hingga 64 kali.

Responsif Dalam Memberikan Layanan Terhadap Calon Konsumen

Sumber: Yandex.com

Banyak pendapat yang dikemukakan oleh para calon konsumen jika sebuah brand tidak cukup responsif dalam memberikan pelayanan mengenai produk yang ditawarkan, maka hal tersebut juga akan menjadi pengalaman buruk bagi calon konsumen sehingga bisa saja mempengaruhi konsumen untuk tidak membeli produk anda. Maka dari itu, anda harus responsif dalam segi pelayanan terhadap calon konsumen jika ingin meningkatkan penjualan bisnis online.

Baca: Cara Mudah Bisnis Online Dari Nol, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini Agar Bisa Cuan

Forbes.com menemukan bahwa 96% para konsumen lebih mengutamakan pelayanan yang diberikan oleh sebuah brand, yang ternyata juga akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut atau tidak. Tidak hanya itu, 73% para konsumen menyatakan bahwa pengalaman mereka saat mendapatkan pelayanan yang baik dari sebuah brand mampu menjadi kunci dari loyalitas untuk membeli produk tersebut kembali.

Update Produk Berkala Dengan Kualitas Konten Profesional

Sumber: Yandex.com

Menampilkan foto dan video berkualitas, serta menggunakan kata-kata yang tepat untuk menarik pelanggan online adalah bagian dari kesuksesan anda sebagai pebisnis dalam mempromosikan sebuah produk. Dilansir dari HubSpot tahun 2020, sebesar 40% para pebisnis mementingkan kualitas konten sebagai bagian dari strategi marketing untuk mendapatkan calon pelanggan baru.

Baca: Mengapa LinkedIn Marketing Efektif Untuk Promosi Bisnis B2B?

Dikarenakan kualitas konten mempengaruhi calon konsumen untuk membeli sebuah produk, sebesar 78% perusahaan mengandalkan satu hingga tiga spesialis di bidang konten marketing agar konten yang diunggah berkualitas dan terlihat profesional. Selain itu, lakukan update produk secara berkala agar para followers mendapatkan informasi untuk produk terbaru.

Gunakan Testimonial Konsumen Untuk Tingkatkan Social Proof

Sumber: Yandex.com

Testimonial menjadi strategi pemasaran online shop Instagram yang tidak boleh anda lupakan. Menunjukkan pengalaman para konsumen sebelumnya yang sudah menggunakan produk anda mampu meningkatkan social proof, yaitu sebuah pengaruh positif untuk mendorong orang lain membeli sebuah produk. Langkah ini pun menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan online yang efektif sehingga wajib anda terapkan.

Baca: Instagram Marketing Tips: Ragam Tipe Konten Untuk Maksimalkan Brand Building

Dikutip dari Big Commerce, sebesar 92% calon konsumen membaca ulasan positif terlebih dahulu sebelum membeli produk yang ditawarkan. Data statistik dari Nielsen juga menyatakan bahwa 70% calon konsumen lebih mempercayai testimoni dan ulasan dari orang yang tidak mereka kenal. Oleh karena itu, testimoni dapat menjadi patokan bagi konsumen lainnya untuk membeli produk anda.

Penerapan strategi bisnis online di Instagram yang tepat akan mampu meningkatkan omzet penjualan bisnis anda. Bila anda mengalami kendala dalam menerapkan strategi efektif untuk instagram marketing, serta membutuhkan jasa pembuatan konten instagram, silakan Hubungi Kami. Atau tinggalkan komentar bila anda pertanyaan tentang strategi bisnis online lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: