Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital - KLUBMARKETING.COM

KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Sumber: Freepik.com

KlubMarketing.com – Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital | Halo Sobat Marketing! Tahukah anda, berdasarkan penelitian eCommerce Foundation, 88% dari pemakai produk ataupun jasa akan melakukan riset informasi produk secara online terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan pembelian?

Maka, keberadaan website profesional kini sangatlah penting, tak hanya bagi para pemilik bisnis saja, namun juga para freelancer, profesional, juga personal brand. KlubMarketing.com akan membahas lengkap tentang website, serta alasan pentingnya website untuk bisnis sebagai strategi pemasaran digital.

Sejarah Awal Perkembangan Website

Sumber: Yandex.com

Kemunculan website awalnya pertama kali berasal dari sebuah proyek bernama World Wide Web yang diprakarsai oleh Tim Berners Lee di tahun 1989. Tujuan awalnya adalah untuk menemukan suatu alat komunikasi otomatis sehingga ia dapat berbagi informasi antar ilmuwan yang tersebar di seluruh dunia.

Secara resmi, website baru dibuka bagi publik sejak tahun 6 Agustus 1991. Dimana, Tim Berners Lee kemudian di tahun 1994, kembali mendirikan World Wide Web Consortium yang dibentuk untuk mengembangkan protokol, serta guideline sehingga website bisa terus berkembang pesat secara jangka panjang.

Di awal kemunculannya tahun 1994, jumlah website yang aktif tercatat sebanyak 2.738 user. Kini, setidaknya sudah ada 1,7 milyar website terdaftar. Website juga mengalami beberapa perubahan fungsi, mulai dari pemakaian terbatas untuk pertukaran informasi para ilmuwan di universitas, menjadi sumber referensi publik.

Website juga mulai dimanfaatkan untuk bisnis bagi Microsoft, IBM, dan Pizza Hut sebagai early adopter di tahun 1994. Kemudian, disusul oleh organisasi Amnesty International, lembaga pemerintah White House, serta situs berita The Telegraph.

Pentingnya Digital Marketing via Website Dari Sisi Pemasaran

Sebagai pilar utama untuk memulai digital marketing strategy, adanya website akan membantu calon konsumen untuk lebih memahami produk dan jasa yang anda tawarkan kepada mereka, serta menjadi display penjualan online dengan menulis konten berkualitas di dalam blog perusahaan.

Di sisi lain, anda juga bisa menarik banyak calon pelanggan untuk menemukan penawaran bisnis anda melalui strategi seo, ataupun membangun komunitas melalui e-mail newsletter. Akan ada banyak sekali aktifitas marketing yang bisa dimaksimalkan dengan memiliki sebuah website usaha bagi bisnis anda.

Pentingnya Website Untuk Perusahaan Dari Sisi Penjualan/Sales

Sales selalu menjadi ujung tombak dari suatu bisnis. Semakin banyak sales leads yang datang, potensi closing pun bisa ikut terdongkrak. Jelas, disini keberadaan website bisnis online sangatlah penting, terutama bila anda sudah melengkapinya dengan strategi search engine optimization.

Ibaratnya, website akan menjadi tim marketing online yang standby selama 24 jam untuk mencarikan konsumen potensial bisnis anda. Jangan lupa, lengkapi website usaha anda dengan informasi produk dan jasa yang lengkap, agar calon konsumen lebih yakin dengan produk yang ditawarkan di website bisnis anda.

A. Website Bisa Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Sumber: Yandex.com

Pada dasarnya, website profesional yang dimiliki oleh sebuah bisnis akan membantu meningkatkan kredibilitas. Sebesar apapun komunitas yang sudah dibentuk di media sosial, namun bila tidak memiliki website, maka kredibilitasnya pun akan berkurang dibandingkan dengan yang sudah punya website.

Hasil penelitian Adweek menyatakan bahwa 81% konsumen biasanya mencari informasi produk terlebih dahulu di Google sebelum memutuskan pembelian.

Di dalam website inilah, anda bisa menaruh berbagai informasi lengkap tentang bisnis anda, mulai dari visi dan misi perusahaan, detail informasi produk, serta memaksimalkan tampilan desain website profesional, yang secara tidak langsung akan membangun kepercayaan (trust) kepada customer bisnis anda.

Bahkan, bila website sudah dikelola secara profesional untuk aktifitas marketing secara jangka panjang, maka bisnis anda bisa dilihat sebagai authority dengan reputasi baik di industri yang anda geluti. Terutama, bila anda rajin membuat konten blog yang relevan, sehingga konsumen merasakan value dari bisnis anda.

B. Memperluas Bisnis Hingga Ke Negara Lain

Bisnis yang sudah memiliki website akan bisa menggali market lain yang sebelumnya belum pernah dieksplor, termasuk peluang yang datang dari area geografis lain dari negara asal seller. Bayangkan, bila produk atau jasa anda berpotensi bisa dilihat oleh orang dari seluruh dunia! It’s a big market, right? Inilah pentingnya membuat website bisnis sesegera mungkin agar bisnis anda makin dikenal dunia.

C. Sarana Menampilkan Portofolio Terbaru

Tidak hanya pemilik produk semata yang wajib memiliki website, namun juga para Digital Influencer, Personal Brand & Pelaku Freelancer yang ingin menunjukkan hasil karya portofolio terbarunya, lengkap bersama dengan testimonial tentang pekerjaan anda untuk memudahkan saat presentasi dengan klien sehingga pentingnya membuat website bisnis tidak bisa anda hindarkan lagi di era teknologi seperti sekarang.

D. Semakin Mudah Mencari Mitra Bisnis Baru

Tidak ada perusahaan atau bisnis yang sukses tanpa memiliki mitra kerjasama. Dengan adanya kepemilikan website, maka anda sebagai owner pun akan lebih mudah dalam menjaring mitra bisnis baru. Sudah banyak peluang kerjasama atau kemitraan yang bisa dicari di internet, anda hanya tinggal mengoptimalkan website anda.

Bagaimana Cara Membuat Website Profesional? 

Sumber: Yandex.com

Ada beberapa kriteria cara membuat website profesional untuk kebutuhan bisnis anda, diantaranya:

1. Navigasi Website Jelas  – Syarat website profesional pertama yang harus diperhatikan adalah kemudahan navigasi. Pengunjung website yang merupakan calon konsumen bisnis anda tidak harus melihat tombol menu rumit yang malah menyulitkan mereka untuk menemukan informasi detail usaha anda.

2. Tampilan Desain Profesional Dan Menarik – Tampilan profesional di website tentu akan menambah reputasi bisnis anda. Gunakan desain, pilihan warna, dan foto yang sesuai dengan karakter brand.

3. Berisi Konten Edukatif – Calon konsumen bisnis anda akan semakin yakin menggunakan jasa atau produk anda, bila di dalam website juga diisi dengan konten edukatif yang memudahkan mereka dalam memahami bisnis yang anda tawarkan. Gunakan keyword artikel yang relevan dengan bisnis anda.

4. Menggunakan Strategi SEO – Agar lebih mudah diterima oleh Google, struktur website harus dioptimasi, kemudian dimaksimalkan dengan Search Engine Optimization.

5. Waktu Loading Website Cepat – Lambatnya kecepatan website saat loading akan membuat sebuah bisnis bisa kehilangan banyak calon konsumen. Jadi, sebaiknya website harus bisa loading dalam hitungan detik untuk meningkatkan user experience pelanggan.

6. Kemudahan Saat Melakukan Konversi Pembelian – Bila jenis website yang ingin anda bangun adalah e-commerce atau toko online, maka kemudahan proses transaksi, mulai dari visit hingga tahapan akhir di shopping cart harus lebih diperhatikan saat membuat website.

Itulah beragam alasan pentingnya membuat website bisnis dan mengapa harus punya website untuk bisnis anda di era digital seperti saat ini.

Saya Sudah Siap Untuk Membuat Website, Selanjutnya Bagaimana?

Bila anda kini sudah siap memiliki website, namun tidak punya tim karyawan yang expert untuk mengembangkan website bisnis secara profesional, maka saat ini anda bisa Hubungi Kami untuk mulai konsultasi pembuatan website bisnis online. Semoga bermanfaat!

One thought on “Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: