KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Pentingnya Kolaborasi Dengan Influencer Untuk Perkembangan Bisnis Online Anda

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Pentingnya Kolaborasi Dengan Influencer Untuk Perkembangan Bisnis Online AndaHalo Sobat Marketing! Saat ini dunia internet memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia, termasuk dalam lingkup marketing. Contoh nyatanya adalah saat ini kita tidak perlu berpergian ke luar negeri jika menginginkan produk dari negara lain.

Baca: Teknik Jitu Agar Customer Cepat Closing Saat Belanja Online

Hanya dengan mengunjungi website e-commerce yang menjual produk tersebut, kita bisa mendapatkan produk yang diinginkan. Proses transaksi pembelian juga sudah sangat mudah, kita cukup transfer dan menanti paket sampai ke rumah.

Baca: Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Kemudahan berbelanja era digital ini tentunya menjadi peluang baru bagi entrepreneur. Media sosial pun dimanfaatkan sebagai media untuk berpromosi, mulai dari memasang iklan hingga menggunakan jasa influencer. Mari mengenal lebih dalam mengenai bagaimana kolaborasi dengan influencer dapat membantu bisnis lebih berkembang.

Apa Itu Influencer

Sumber: Yandex.com

Influencer merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat lewat akun media sosialnya. Berdasarkan platform yang digunakan, influencer ini juga beragam, Ada influencer Tiktok, Youtube, hingga Instagram. Biasanya para influencer memiliki pengikut (follower) ribuan hingga jutaan di akun sosial media.

Baca: Mengenal Perbedaan Paid Promote Dan Endorse Agar Jualan Laris Manis

Namun, kekuatan seorang influencer tidak hanya terletak pada banyaknya jumlah follower, melainkan pada seberapa banyak ia mampu mempengaruhi para pengikutnya. Seorang influencer yang memiliki pengaruh besar akan membuat produk yang ia tawarkan menjadi primadona. Hal inilah yang dimanfaatkan para pebisnis yang disebut juga sebagai influencer marketing.

Baca: 5 Teknik Social Proof Efektif Untuk Tingkatkan Reputasi Bisnis Online

Yang dimaksud dengan influencer marketing adalah sebuah strategi pemasaran dengan mengajak seorang influencer untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sesuai dengan segmen pasar yang dibidik oleh suatu produk atau jasa. Dengan demikian, brand yang bekerjasama dengan influencer dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat umum.

Kenapa Influencer Berperan Penting Dalam Bisnis Online

Sumber: Yandex.com

Tren masyarakat saat ini sudah berubah. Masyarakat tidak lagi yakin dengan apa yang dikatakan oleh suatu brand mengenai produknya sendiri. Mereka lebih percaya dengan hasil riset maupun informasi yang didapatkan dari berbagai macam platform, termasuk dari para influencer. Nah, apa yang membuat para influencer berperan penting dalam bisnis online?

1. Strategi Marketing Yang Efektif

Sumber: Yandex.com

Menggunakan jasa influencer merupakan salah satu strategi marketing yang efektif pada saat ini. Terbukti dengan banyaknya perusahaan baik kecil maupun besar yang menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Para influencer ini akan menyampaikan pesan dari suatu produk menggunakan konten yang menarik. Dapat dikatakan bahwa cara ini berhasil untuk mendatangkan pelanggan potensial suatu bisnis.

Baca: 5 Langkah Mudah Lakukan Validasi Ide Bisnis Online Menguntungkan 

Berdasarkan studi tahun 2016, 94% pemasar menganggap bahwa pemasaran dengan menggunakan jasa influencer lebih efektif untuk meningkatkan penjualan. Jadi, hal yang wajar jika anggaran yang dikeluarkan perusahaan untuk para influencer terus meningkat.

2. Mendapatkan Konsumen Dari Mulut Ke Mulut

Sumber: Yandex.com

Salah satu keuntungan yang diperoleh pebisnis jika menggunakan jasa influencer adalah efisiensi waktu dalam menjangkau konsumen karena pebisnis tidak perlu menghubungi calon konsumen potensial satu per satu. Keuntungan lain yang didapatkan dari menggunakan jasa influencer adalah meningkatnya traffic ke website ataupun media sosial. Pasalnya, setiap influencer pasti akan menyediakan keterangan mengenai akun bisnis anda di konten mereka. Jika follower mereka tertarik, maka situs web atau akun media sosial bisnis anda akan langsung ramai oleh calon pelanggan.

3. Konten Yang Berkualitas Dan Disukai Audiens

Sumber: Yandex.com

Hal yang dapat dilakukan oleh influencer dalam memasarkan suatu produk tentu saja dengan menghadirkan konten yang menarik terkait produk tersebut sehingga disukai oleh para followers. Jika anda tertarik berkolaborasi dengan seorang influencer, pilihlah yang memiliki keahlian akan niche tertentu dan target konsumen yang sesuai dengan bisnis anda. Dengan begitu, konten promosi berkualitas untuk pemasaran yang efektif akan didapatkan.

Mengenal Jenis Influencer Untuk Kebutuhan Promosi

Sumber: Yandex.com

Secara umum, seseorang dapat dikatakan sebagai influencer jika memiliki follower dalam jumlah yang banyak di akun sosial media mereka. Nah, berikut pembagian influencer berdasarkan jumlah follower mereka.

A. Influencer Mikro

Seseorang dapat dikatakan sebagai influencer mikro jika memiliki jumlah follower tidak lebih dari 10 ribu. Jika anda merasa ragu menggunakan jasa influencer mikro karena jumlah pengikutnya sedikit, sebuah studi justru menunjukkan bahwa konsumen yang membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer mikro mencapai 82%. Hal ini dikarenakan influencer mikro memiliki audiens yang lebih spesifik pada niche tertentu.

B. Influencer Makro

Seseorang dapat dikatakan sebagai influencer makro jika memiliki followers sekitar 100 ribu. Berbeda dengan influencer mikro, influencer makro ini justru akan membuat produk bisnis anda jadi lebih eksklusif karena mereka memiliki audiens yang lebih beragam.

C. Influencer Premium

Influencer premium memiliki follower paling banyak yang terhitung jutaan. Persentase pembelian produk jika memanfaatkan jasa influencer premium ini bisa saja tidak sebanyak influencer lainnya, tapi tetap saja menjanjikan. Alasannya tentu karena jangkauan pemasaran dari influencer premium ini luar biasa luas.

Jenis Influencer Berdasarkan Media Yang Digunakan

Selain dibagi berdasarkan jumlah follower, influencer juga dibagi berdasarkan media yang digunakan. Mereka adalah selebgram, youtuber, dan blogger.

A. Selebgram

Selebgram adalah singkatan dari selebritis instagram. Selebgram merupakan publik figur yang menggunakan platform Instagram sebagai media promosi produk. Kenapa mereka menggunakan Instagram? Alasannya adalah karena Indonesia merupakan negara urutan ke empat dengan pengguna Instagram terbesar di dunia, yakni dengan 59 juta pengguna. Dengan angka yang segitu besarnya, tentu saja memanfaatkan kepopuleran influencer di Instagram menjadi strategi pemasaran produk yang tepat.

B. Youtuber

Youtuber mengunggah konten video di akun Youtube miliknya dan memiliki banyak subscriber. Karena saat ini Youtube lebih disenangi oleh masyarakat dibandingkan televisi, maka peran Youtube dalam memasarkan produk juga cukup besar. Dari data yang diperoleh, 90% pengguna internet mengenal produk baru melalui Youtube.

C. Blogger

Blogger merupakan seseorang yang memiliki sebuah blog di internet dengan pengunjung yang banyak. Konten utama dari blogger tentu saja tulisan. Dengan membuat kata-kata yang menarik pembaca, melalui tulisannya blogger dapat mempengaruhi pembaca untuk mencoba suatu produk. Terlebih jika blogger tersebut memiliki pembaca setia, maka pemasaran produk pun jadi lebih efektif.

Bagaimana Cara Memilih Influencer Yang Tepat? 

Sumber: Yandex.com

Banyaknya jenis influencer pasti akan membuat anda bingung memilih mana yang paling tepat untuk memasarkan bisnis anda. Salah dalam memilih influencer yang tidak sesuai target pasar tentu hasil yang didapat juga tidak maksimal. Nah, berikut ada beberapa tips yang dapat anda lakukan saat kolaborasi dengan influencer.

1. Budget

Kenapa budget berada di posisi pertama? Tentu saja karena setiap influencer memiliki budget yang berbeda-beda. Jadi, anda perlu melihat influencer mana yang sesuai dengan budget bisnis anda. Jangan terlalu berusaha untuk melebihi dari budget yang disediakan karena anda juga membutuhkan dana untuk biaya operasional perusahaan.

2. Sesuaikan Dengan Target Pasar Bisnis Anda

Setiap influencer memiliki follower yang berbeda-beda. Oleh karena itu anda perlu untuk mencari influencer yang memiliki follower sesuai dengan target pasar bisnis anda. Dengan begitu, promosi produk bisnis pun akan tepat sasaran.

3. Reputasi Influencer

Influencer yang memiliki reputasi baik akan lebih berdampak besar dalam bisnis anda. Pasalnya, dengan memiliki personal branding yang bagus, maka akan memunculkan stigma bahwa apapun produk yang ditawarkan oleh influencer tersebut juga bagus.

4. Intensitas Update Konten

Saat kolaborasi dengan influencer, pertimbangkan juga intensitas seorang influencer dalam update konten. Jika seorang influencer dalam sehari banyak mengupload konten, maka promosi produk sobat akan cepat hilang dari halaman teratas. Dengan begitu, calon konsumen bisa saja melewatkan dan tidak melihat konten promosi bisnis anda. Namun, bukan berarti anda harus memilih publik figur yang jarang melakukan posting karena hal ini juga berpengaruh terhadap engagement follower-nya.

Itulah penjelasan mengenai betapa pentingnya manfaat influencer bagi bisnis online anda. Jika anda membutuhkan jasa influencer untuk memasarkan produk secara luas dan bingung menentukan influencer yang tepat, silakan Hubungi Kami sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: