Mengenal Perbedaan Paid Promote Dan Endorse Agar Jualan Laris Manis - KLUBMARKETING.COM

KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Mengenal Perbedaan Paid Promote Dan Endorse Agar Jualan Laris Manis

Sumber: Yandex.com  

KlubMarketing.com – Mengenal Perbedaan Paid Promote Dan Endorse Agar Jualan Laris Manis | Halo Sobat Marketing! Kehadiran media sosial semakin mempermudah dalam menunjang promosi bisnis online agar dapat berkembang dengan lebih cepat. Banyaknya alternatif sosial media yang ada, menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis online untuk memilih platform yang sesuai dengan produk mereka.

Baca: Belajar Copywriting Efektif Sebagai Strategi Penjualan Bisnis Online

Salah satu strategi pemasaran sosial media yang biasa dilakukan adalah paid promote dan endorse. Dua istilah ini pasti sudah sering anda dengar, terutama karena banyak orang yang sudah mulai jualan di instagram dengan memaksimalkan kedua strategi tersebut. Selain jualan makin laris, keduanya juga sangat mudah dilakukan.

Dari Banyaknya Platform Media Sosial, Manakah Yang Paling Tepat Untuk Bisnis Online Anda?

Sumber: Yandex.com

Memanfaatkan media sosial merupakan salah satu cara sukses jualan online dan sebagai wadah bagi para pebisnis untuk meningkatkan penghasilan usahanya. Dilansir dari e-marketer tahun 2019, sebesar 90,4% kaum milenial dan 77,5% generasi X merupakan pengguna aktif di media sosial. Hal ini menandakan bahwa sebagian besar masyarakat umum yang menjadi calon konsumen anda menghabiskan waktunya untuk menggunakan media sosial.

Baca: Pentingnya Menulis Konten Artikel SEO Berkualitas Untuk Blog Bisnis Online

Media sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter dan Instagram saat ini masih menjadi pilihan favorit untuk promosi bisnis online. Setiap platform tersebut tentunya mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun, sesuaikan saja platform media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis anda.

Misalnya, dalam platform Facebook, terdapat fitur Facebook Ads untuk mendapatkan konsumen yang memang memiliki minat besar pada produk yang anda jual. Jika membutuhkan media video sebagai promosi bisnis online, anda bisa gunakan Youtube. Atau dapat memilih instagram untuk promosi lewat foto.

Untuk saat ini, memang media sosial yang paling populer adalah instagram. Dengan mayoritas traffic pengunjung millenial menengah ke atas yang memiliki kemampuan daya beli tinggi, tentu akan bermanfaat untuk pengembangan bisnis online anda bila anda dapat memaksimalkannya dengan baik.

Baca: Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Dilansir dari Mention, sebuah survey yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan bahwa 71% para pebisnis memanfaatkan instagram sebagai tempat mereka berjualan. Ditambah, hasil data dari Facebook tahun 2019 juga menyatakan bahwa sebesar 80% para pengguna instagram memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang mereka lihat dari instagram. Ini menandakan betapa powerfulnya platform instagram.

Apa Perbedaan Paid Promote Dan Endorse?

Sumber: Yandex.com

Kedua strategi promosi instagram ini seringkali dianggap sebagai dua hal yang sama. Namun, kenyataannya keduanya memiliki perbedaan. Paid promote dan endorse secara umum merupakan aktivitas di mana entrepreneur melakukan promosi bisnis melalui perantara seperti publik figur, selebriti, atau selebgram yang mampu menarik perhatian banyak orang yang menjadi target market bisnis online anda.

Baca: Strategi Tingkatkan Omzet Bisnis: Up Selling, Down Selling, Cross Selling

Paid promote merupakan suatu aktifitas pemasaran bisnis dimana suatu pihak melakukan promosi dengan mengunggah foto atau video di media sosial yang ia kelola dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, materi promosi foto dan video yang diunggah dalam kegiatan paid promote ini disediakan oleh pebisnis online yang bisa langsung diunggah influencer ke instagram stories atau feeds.

Setelah mengenal paid promote, mari mengenal lebih dekat istilah endorse. Pihak yang dipercaya untuk melakukan endorse harus memberikan ulasan positif terhadap produk yang dipromosikan dengan menjabarkan berbagai kelebihan produk untuk menarik minat banyak target konsumen. Istilah endorse berasal dari kata endorsement yang mempunyai arti ‘mendukung’.

Baca: 5 Langkah Mudah Lakukan Validasi Bisnis Online Menguntungkan

Biasanya paid promote dan endorse memanfaatkan fitur di instagram seperti stories dan feeds. Bahkan, hasil studi dilansir dari hootsuite.com, menjabarkan bahwa sebesar 62% pengguna instagram merasa lebih tertarik pada sebuah produk setelah melihatnya di instagram stories dan lebih dari 50% pengguna instagram memanfaatkan fitur explore untuk mencari produk favorit yang menjadi minatnya.

Kiat Sukses Jualan Online Melalui Instagram Agar Makin Laris

Sumber: Yandex.com

Supaya bisa sukses jualan di instagram memang diperlukan strategi jitu agar produk yang dipromosikan bisa terjual laris. Berikut kiat sukses yang dapat anda maksimalkan.

A. Manfaatkan Highlight Instagram Untuk Jelaskan Detail Bisnis Anda

Postingan stories di instagram yang sudah rilis bisa anda masukkan ke dalam highlight. Dengan fitur highlight ini, calon konsumen yang datang ke akun instagram bisnis anda dapat melihat berbagai macam informasi terkait produk atau layanan bisnis anda. Misalnya, seperti testimoni, detail produk, promo terbaru. Setiap unggahan postingan instastory memiliki waktu durasi tayang 15 detik.

B. Konsisten Dengan Tema Feeds Instagram

Feed Instagram mampu menonjolkan ciri khas produk yang dijual. Foto dan video di feed tidak akan hilang hingga anda yang menghapusnya sendiri. Kelebihan inilah yang harus anda maksimalkan dengan cara menentukan tema feed sesuai dengan keinginan anda. Misalnya saja seperti penggunaan warna filter tone atau frame yang seragam sehingga memberikan kesan rapi dan estetik terhadap halaman akun Instagram anda. Good visual is good for branding, maka dari itu maksimalkan estetika foto dan video di instagram bisnis anda sesuai tema.

C. Tingkatkan Engagement Postingan Instagram

Engagement merupakan acuan interaksi di Instagram yang dinilai berdasarkan beberapa aspek penting, seperti banyaknya jumlah komentar, penyuka postingan, hingga jumlah share yang dilakukan pengguna Instagram lainnya terkait dengan konten yang diposting. Salah satu kunci untuk menaikkan engagement ini adalah dengan membuat konten yang menarik, menjalankan promo paid promote, maupun endorse.

D. Menjalankan Endorsement & Paid Promote Bersama Publik Figur

Menjalankan kedua strategi ini tidak bisa sembarangan. Untuk memaksimalkan strategi paid promote instagram dan endorse, pilihlah selebgram, publik figur, atau artis yang sesuai dengan target market anda. Misalnya, saat ingin mempromosikan kosmetik, lakukan kolaborasi dengan beauty vlogger. 

Penutup

Jualan di instagram memang tidak bisa terlepas dari aktifitas paid promote dan endorse. Namun, bila anda mengalami kesulitan dalam mengelola akun instagram sebagai salah satu channel untuk branding bisnis online anda, silahkan Hubungi Kami untuk konsultasi jasa manajemen instagram. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: