KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Mengenal Landing Page Untuk Maksimalkan Strategi Digital Marketing

KlubMarketing.com -  Mengenal Landing Page Untuk Maksimalkan Strategi Digital Marketing | Halo Sobat Marketing! Penggunaan landing page seringkali dijadikan tools yang efektif bagi para pebisnis dalam mempromosikan produknya secara online. Pada dunia marketing berbasis online, landing page mempunyai peran penting sama seperti website karena mampu menjadi sebuah investasi yang menguntungkan bagi para online entrepreneur. Baca: Bagaimana Influencer Yang Efektif Bisa Meningkatkan Penjualan Bisnis Online  Dikutip dari OptinMonster, 77% pebisnis memposisikan landing page sebagai halaman utama pada sebuah website. Selain itu, data dari HubSpot juga menunjukkan bahwa sebesar 84% pebisnis menggunakan landing page sebagai navigasi untuk mengarahkan para pengunjung situs menjadi calon konsumen potensial. Tujuan akhir dari keberadaan landing page adalah supaya mendorong pengunjung bertransaksi dan melakukan pembelian produk.

Apa Itu Landing Page & Manfaatnya Untuk Strategi Digital Marketing

Sumber: Yandex.com
Landing page merupakan sebuah laman yang didesain khusus untuk memberikan edukasi suatu produk atau jasa sebagai bagian dari aktifitas pemasaran digital. Manfaat dari landing page sendiri adalah mempengaruhi proses keputusan pembelian calon konsumen, serta membantu mereka agar lebih mudah bertransaksi di dalam satu halaman saja. Baca: 5 Teknik Social Proof Efektif Untuk Tingkatkan Reputasi Bisnis Online Meskipun cara membuat landing page tidak mudah, tapi jika dapat dimaksimalkan dengan baik, maka dapat mempengaruhi omzet penjualan anda. Dilansir dari Techjury, jika pada landing page disematkan informasi penawaran produk, maka akan mampu menaikkan konversi hingga 266%. Biasanya, orang-orang mengunjungi sebuah landing page setelah melakukan klik link yang disebarkan melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter atau Instagram. 

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Landing Page, Website Company Profile, Dan Blog

Sumber: Yandex.com
Banyak yang masih keliru dalam melihat perbedaan landing page dan website company profile serta blog. Secara garis besar, landing page mempunyai tampilan yang serupa dengan website company profile dan blog. Namun, landing page mencantumkan penawaran yang berfokus pada suatu produk saja sehingga mendorong para pengunjung untuk melakukan transaksi saat itu juga. Landing page berisi informasi singkat mengenai produk dan pengisian formulir pembelian. Baca: 7 Teknik Copywriting Efektif Agar Landing Page Hasilkan Konversi Penjualan Tinggi Website company profile merupakan sebuah laman yang dikhususkan untuk merepresentasikan profil perusahaan dan mencantumkan berbagai macam informasi lengkap tentang suatu bisnis, misalnya seperti visi, misi, hingga ragam jenis produk yang disediakan. Penggunaan website company profile ini juga menjadi bagian dari strategi pemasaran digital yang cukup efektif. Baca: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Profesional Untuk Maksimalkan Brand Awareness Sedangkan blog biasanya digunakan sebagai jurnal online yang tampilannya hampir menyerupai website, tapi biasanya isi konten pada sebuah blog lebih untuk mengedukasi para pembaca dengan membahas topik-topik tertentu dan lebih bersifat personal. Namun, blog juga dapat diperuntukkan untuk bisnis dengan mengandalkan konten artikel SEO berkualitas dengan menerapkan teknik copywriting yang tepat dan efektif.

Mengenal Ragam Jenis Landing Page Untuk Berbagai Kebutuhan Promosi Bisnis Online

Sumber: Yandex.com
Untuk mengenal landing page terbagi atas dua jenis, yaitu Lead Capture Pages dan Click Through Landing Pages. Pada Lead Capture Pages biasanya mengumpulkan data calon konsumen yang terdiri dari nama dan alamat email. Melalui dua hal ini, para pebisnis akan menjalin komunikasi dengan calon konsumen untuk memberikan beberapa hal seperti informasi diskon produk, artikel terbaru hingga memberikan link e-book untuk diunduh. Baca: Mengenal Perbedaan Paid Promote Dan Endorse Agar Jualan Laris Manis Sementara, Click Through Landing Pages atau model Business to Customer (B2C)  biasanya sering ditemukan pada halaman e-commerce dan menyematkan tombol seperti “Beli Sekarang” “Buy Now” atau “Pilih Sekarang”. Namun, jika menggunakan jenis Click Through Landing Pages ini, kemungkinan kecil para pengunjung akan melewatinya karena keterbatasan tombol navigasi pada landing page tersebut.

Bagaimana Membangun Landing Page Yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan Online?

Sumber: Yandex.com
Dilansir dari Eyeview pada tahun 2018, untuk meningkatkan penjualan online melalui landing page, para pebisnis menyatakan bahwa penyematan video mampu menaikan konversi hingga 86%. Selain itu, Blueladz juga mengungkapkan bahwa semakin banyak landing page pada sebuah website, maka kemungkinan konversinya naik juga lebih besar. Perusahaan yang menyematkan antara 12 hingga 15 landing pages dapat meningkatkan konversi hingga 55%.

Berbagai Macam Tools Yang Dapat Digunakan Untuk Mengoptimalkan Efektifitas Landing Page

Sumber: Yandex.com
Selain menggunakan jasa copywriting Landing Page untuk membuat konten lebih berkualitas, anda juga dapat memanfaatkan berbagai macam tools yang berfungsi untuk mengoptimalkan efektifitas landing page. Tools yang berguna untuk mengoptimalkan landing page adalah Google Analytics yang melakukan analisis dengan melacak demografis para pengunjung. Lalu ada juga OptinMonster untuk melakukan konversi pengunjung landing page saat menjadi subscriber dan customer. Selain itu ada juga Mailchimp yang berfungsi sebagai newsletter untuk menerapkan email marketing.

Menggunakan Landing Page Sebagai Strategi Digital Marketing, Mulai Darimana?

Sumber: Yandex.com
Jika anda membutuhkan jasa landing page untuk keperluan bisnis digital marketing, kami dapat membantu menciptakan landing page berkualitas untuk membantu mengembangkan bisnis online anda menggunakan strategi yang efektif. Segera Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut silakan meninggalkan pesan di kolom komentar bila anda memiliki pertanyaan terkait Landing Page. [/pl_text] [/pl_col] [/pl_row]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: