KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Jarang Disadari Pengusaha Indonesia

Sumber: Unsplash.com

KlubMarketing.com – Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Jarang Disadari Pengusaha Indonesia | Halo Sobat Marketing! Era digital seperti sekarang ini, banyak pengusaha sudah familiar dengan website. Bahkan, sebagian sudah memiliki website bisnis sebagai platform promosi bisnisnya. Namun, apakah sudah pernah menggunakan blog marketing sebagai salah satu cara pemasaran?

Blog untuk bisnis online yang memiliki ranking tinggi di mesin pencarian sudah terbukti efektif. Terutama sebagai wadah untuk mengedukasi masyarakat agar bisnis dikenal lebih luas, sekaligus menginformasikan produk dan layanan bisnis yang ditawarkan. Blog juga merupakan elemen penting dalam strategi digital marketing.

Baca: Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Cara membuat blog bisnis yang efektif juga mudah. Maka, berinvestasi pada blog merupakan langkah strategis bisnis secara jangka panjang yang perlu dipertimbangkan. Selain lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di mesin pencarian, blog profesional bisa membantu meningkatkan reputasi bisnis anda.

Mengenal Apa Itu Blog?

Sumber: Unsplash.com

Istilah blog atau singkatan dari weblog ini berawal dari tahun 1990-an. Blog bisa dikatakan juga sebagai jurnal online yang berisi ragam informasi terkait postingan terbaru sesuai topik niche tertentu. Penulis blog biasa disebut dengan blogger. Konten di dalam blog sebaiknya diperbarui secara berkala yang pengelolaannya bisa dilakukan oleh individu, grup user, atau pemilik bisnis online.

Blog Sebagai Bagian Dari Customer Journey

Sumber: Unsplash.com

Sebagai pemilik bisnis, anda tentu menginginkan bisnis yang dijalankan dapat berkembang, serta bertahan secara jangka panjang. Maka, keberadaan dan manfaat blog yang efektif tentu akan turut menguntungkan bagi bisnis anda. Pahamilah terlebih dahulu, bahwa konsep blog dalam digital marketing merupakan bagian dari Customer Journey.

Customer Journey adalah alur tentang bagaimana konsumen berinteraksi dengan sebuah brand yang disusun dengan memperhatikan perasaan, pengalaman, dan motivasi konsumen. Ini adalah salah satu cara membuat blog bisnis yang efektif sehingga strategi marketing yang dijalankan pas sesuai dengan target market. Adanya Customer Journey ini juga akan membantu anda menemukan pain points konsumen, dan meningkatkan conversion-rates.

Berdasarkan McKinsey, ada beberapa tahapan penentuan keputusan konsumen dalam Customer Journey, yakni:

  • 1. Awareness (Perkenalan)
  • 2. Familiarity (Rasa Akrab Terhadap Suatu Produk)
  • 3. Consideration (Pertimbangan Keputusan Pembelian)
  • 4. Purchase (Transaksi Beli)
  • 5. Loyalty & Retention (Pembelian Ulang)
  • 6. Advocacy (Referensi Promosi).

Dalam setiap tahapan, anda bisa menyesuaikannya dengan channel pemasaran yang paling tepat untuk menjangkau calon pelanggan.

Pentingnya Punya Blog untuk Bisnis Online

Sumber: Unsplash.com

Mungkin anda bertanya, fungsi blog untuk bisnis online bisa dimanfaatkan dalam tahapan yang mana? Well, pada dasarnya blog bisa digunakan untuk menjangkau pelanggan di fase Awareness dan Consideration. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengapa blog penting untuk bisnis.

1. Mengedukasi Pelanggan Potensial

Faktanya, kebanyakan konsumen lebih nyaman dengan cara promosi softselling, dibandingkan hardselling. Memberikan edukasi melalui blog yang membangun kedekatan koneksi emosional dengan konsumen adalah bagian dari strategi promosi softselling. Pahami juga bahwa tidak ada konsumen yang mau “ditodong” untuk membeli produk. Oleh karena itu, banyak pebisnis online yang menghindari cara jualan hardselling.

Bisnis online yang memiliki blog rata-rata pengunjungnya meningkat hingga 55%.

Disinilah tujuan konten blog dibuat, yakni mengedukasi calon konsumen. Selain itu, juga berfungsi untuk mempengaruhi secara halus supaya calon konsumen membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Apalagi kini dunia digital semakin dibutuhkan, semua orang biasanya mulai browsing internet untuk mencari informasi. Pastikanlah blog bisnis anda yang ditemukan oleh calon pelanggan anda ketika mereka mencari tahu soal produk atau jasa yang dibutuhkan melalui google.

Mengedukasi pelanggan potensial melalui blog juga bisa membantu meningkatkan reputasi bisnis online anda. Bayangkan ketika calon konsumen sedang mencari solusi atas problem dan kebutuhan mereka, kemudian menemukan blog anda sebagai jawabannya di Google. Tentu saja, mereka akan merasa sangat terbantu, sehingga posisi brand anda di mata konsumen menjadi lebih unggul. Selain itu, lebih meyakinkan di mata konsumen.

2. Meningkatkan Trafik Website Bisnis Online

Terkait dengan poin ini, terdapat data statistik dari SEOTribunal terkait penggunaan blog untuk bisnis online:

57% marketers meraih pelanggan baru via blog.

Berdasarkan data inilah, maka konten di dalam blog sangat powerful untuk menunjang bisnis online dan anda. Tentu saja, merilis konten blog secara berkala meningkatkan peluang lebih banyak trafik. More traffic, more leads, more customer, more income for business. Maka, sangat dianjurkan untuk merilis minimal 16 postingan blog per bulan. Tujuannya, untuk menghasilkan 3 kali trafik lebih banyak dibandingkan bisnis dengan konten yang lebih sedikit.

3. Meningkatkan Jumlah Lead Calon Konsumen

Blog tidak hanya membantu meningkatkan trafik, namun juga lead atau prospek pada bisnis anda. Lead dapat juga diartikan sebagai ketertarikan calon konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarkan oleh brand. Berlangganan newsletter, mengunduh e-book, mengisi form kontak, dan membaca konten yang diarahkan adalah beberapa ciri bahwa pengunjung blog anda mulai tertarik mengenal bisnis anda lebih jauh.

Berdasarkan hasil studi HubSpot, 2.300 bisnis mengalami kenaikan lead hingga 126% setelah menginvestasikan strategi marketingnya ke dalam blog.

Dari peningkatan lead yang masuk dari blog, maka bisa didapatkan identitas diri calon pelanggan. Data ini nantinya bisa dikelompokkan menjadi beberapa grup. Diantaranya untuk dijadikan customer persona sehingga diketahui siapa saja yang sebenarnya berminat pada produk dan layanan bisnis anda. Penggunaan customer persona ini juga bisa dimanfaatkan dalam proses product development, atau desain iklan dan promosi sesuai target market.

66% B2B marketers yang menggunakan blog mendapatkan leads yang lebih banyak, dibandingkan yang tidak.

Bila sudah mendapatkan trafik lead yang tinggi, anda tinggal membuat stimulasi agar calon konsumen memasuki tahapan Purchase (Pembelian) dari Customer Journey yang sudah anda buat sebelumnya. Misalnya, dengan membuat promo Buy 2 Get 1 sehingga mereka tertarik melakukan pembelian.

4. Membangun Hubungan Dekat Dengan Komunitas Pelanggan Anda

Mengaktifkan fitur komentar di blog anda bisa menciptakan interaksi dengan calon pelanggan dan pelanggan lama anda. Misalnya, ketika bertanya mengenai suatu produk atau jasa yang anda tawarkan melalui blog, konsumen bisa langsung merespons dan menanyakan pertanyaan melalui kolom komentar. Dengan begitu, anda juga bisa memahami perilaku dan karakter pelanggan dengan lebih baik untuk melengkapi Customer Persona anda.

Untuk mengetahui konten mana yang paling disukai oleh pelanggan, anda juga bisa mendapatkannya melalui kolom komentar. Data ini bisa digunakan untuk menciptakan konten sesuai kebutuhan konsumen. Pastikan untuk selalu menjawab komentar yang telah masuk. Delegasikan kepada tim digital marketing bisnis anda, sehingga perlahan komunitas konsumen anda akan terbangun sendirinya di masa mendatang.

Bila anda masih bingung sebaiknya konten apa yang perlu dibagikan di blog bisnis anda, maka bagikanlah tips seputar bisnis anda. Misalnya seperti case study, atau problem-solving dari masalah yang dihadapi konsumen anda. Pahami juga keberadaan brand dengan persona sebagai teman lebih mudah diterima dibandingkan sebagai lembaga, perusahaan, atau bisnis yang kaku. Buatlah postingan blog yang relatable dengan target konsumen anda.

5. Investasi Jangka Panjang

Membuat blog bisnis adalah investasi jangka panjang untuk membangun reputasi suatu brand. Minimal anda harus menunggu efeknya paling tidak 6 bulan setelah konten dirilis. Jadi, bila sudah memutuskan menggunakan blog sebagai bagian dari strategi digital marketing bisnis. Sangat disarankan alihkan mindset anda dari result oriented menjadi ke progress oriented. Karena blog adalah sebagai investasi jangka panjang bisnis online anda.

Personal brand seseorang saja perlu dibangun bertahun-tahun lamanya. Kurang lebih seperti itulah ibaratnya bila anda membangun blog bisnis secara jangka panjang. Reputasi yang dibangun untuk bisnis online anda berasal dari setiap konten, komentar, dan lead yang masuk dari blog. Semakin banyak konten dan respon komentar yang masuk, akan membantu reputasi brand anda lebih terpercaya dan dikenal banyak orang.

Blog Efektif Tingkatkan Konversi Jualan

Sumber: Unsplash.com

Bila anda sudah mampu menyajikan informasi bermanfaat dan solusi yang dibutuhkan calon pelanggan di dalam blog, that’s great! Brand awareness dan asosiasi positif brand anda akan terbentuk dengan sendirinya. Setelah itu, anda baru bisa merancang konten hardselling yang berisi fitur ataupun kelebihan brand anda. Tipe konten seperti ini menjadi strategi menghubungkan jembatan antara awareness building dengan penjualan produk atau jasa.

Baca: Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Manfaat blog untuk bisnis ini terbukti sangat efektif. Karena perilaku konsumen yang sudah punya niatan membeli sesuatu, biasanya akan mencari informasinya melalui google searching. Maka, kegunaan blog untuk bisnis saat kini tidak bisa dianggap remeh. Blog dapat membantu meyakinkan calon konsumen potensial sehingga mereka akhirnya melakukan pembelian produk dan jasa yang anda tawarkan.

Sudah Siap Buat Blog Bisnis, Selanjutnya Bagaimana?

Sumber: Unsplash.com

Tak hanya sebagai wadah untuk memberikan edukasi kepada calon konsumen. Blog juga bisa berfungsi sebagai alat promosi, dan membangun reputasi brand online anda. Kini anda sudah siap membuat blog marketing untuk bisnis anda. Namun terkendala tidak punya tim karyawan expert untuk mengembangkan blog secara profesional. Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan setelah membaca postingan ini:

  • A. Membeli domain dan hosting profesional agar blog anda lebih mudah ditemukan di Google;

  • B. Mengikuti tutorial Membuat Blog Dengan Mudah Dari KlubMarketing.com;

  • C. Mengunduh e-book 15 Langkah Praktis Optimasi SEO Blog Untuk Bisnis Online.

Apabila anda merasa membangun blog cukup rumit, tidak tahu cara buat blog untuk bisnis, atau anda tidak memiliki banyak waktu untuk membangun blog marketing bisnis online anda, maka silahkan Hubungi Kami untuk mulai konsultasi pembuatan blog profesional, sekaligus pembuatan konten artikel seo yang bisa meningkatkan awareness bisnis online anda. Pastikan anda merasakan manfaat blog untuk bisnis anda secara jangka panjang. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: