KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Kesalahan Strategi Pemasaran Instagram Yang Perlu Dihindari Pebisnis Online

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Kesalahan Strategi Pemasaran Instagram Yang Perlu Dihindari Pebisnis Online | Halo Sobat Marketing! Instagram saat ini menjadi media sosial populer di seluruh dunia. Selain dapat dimanfaatkan tak hanya sebagai kebutuhan personal, Instagram juga dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis dan mempromosikan usaha. Tentu saja, hal ini tidak boleh dilewatkan oleh para entrepreneur untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca: Mengenal Landing Page Untuk Maksimalkan Strategi Digital Marketing

Hasil survey Hootsuite pada bulan Juli tahun 2019, menemukan bahwa advertising audience di Instagram menghasilkan dua persentase yang berbeda jika dilihat dari gender dan usia. Sebesar 51.2% pengguna Instagram adalah wanita dan 48.8% adalah pria. Berdasarkan usia, pengguna dengan usia 25-29 tahun sebesar 57%, 30-40 tahun sebesar 47%, dan 50-64 tahun sebesar 23%.

Baca: Pentingnya Menulis Konten Artikel SEO Berkualitas Untuk Blog Bisnis Online

Faktanya, jumlah pengguna Instagram yang begitu besar ini belum dimanfaatkan maksimal oleh entrepreneurs. Padahal, mengikuti perkembangan tren paling terkini dan masuk ke dalam platform dimana calon konsumen berada wajib dilakukan agar makin dikenal masyarakat. Berikut adalah kesalahan yang umum dilakukan entrepreneurs terkait strategi marketing online di Instagram.

Mengabaikan Aspek Penting Yang Mempengaruhi Kualitas Konten

Sumber: Yandex.com

Kualitas konten yang baik mampu menarik minat para konsumen untuk membeli produk anda. Aspek-aspek yang mempengaruhi kualitas konten untuk pemasaran produk ini salah satunya adalah penggunaan bahasa. Penggunaan tata bahasa dalam membuat konten produk bisa dimaksimalkan dengan cara belajar copywriting efektif sebagai strategi penjualan bisnis online. Tidak hanya tulisan, tapi menentukan tema hingga isi konten juga harus konsisten sehingga bisnis anda mempunyai ciri khasnya sendiri.

Baca: 5 Cara Efektif Menentukan Target Market Bisnis Online

Data statistik dari Content Marketing Institute menunjukkan bahwa sebesar 73% perusahaan mempekerjakan seseorang hanya untuk membuat strategi untuk konten pemasaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tampilan visualisasi dari produk yang dipasarkan karena visualisasi juga mempengaruhi aktivitas pemasaran. Data yang dilansir dari Impactbnd juga menyatakan bahwa sebesar 60% para pebisnis setuju jika visualisasi itu sangatlah penting.

Tidak Menjalankan Strategi User Generated Content (UGC)

Sumber: Yandex.com

Salah satu tips marketing Instagram yang efektif adalah dengan memanfaatkan User Generated Content (UGC). Penerapan UGC yang baik mampu meningkatkan keterlibatan followers (engagement) dengan cara meminta izin untuk menggunakan konten mereka dan mengunggahnya di akun bisnis anda.

Baca: Teknik Jitu Agar Customer Cepat Closing Saat Belanja Online

Survey dari Stackla menyatakan bahwa 51% para pengguna media sosial lebih menyukai keterlibatan terhadap sebuah bisnis yang menggunakan konten mereka, baik foto atau video untuk tujuan pemasaran produk sehingga mereka tertarik membeli atau menggunakan produk tersebut kembali. Sayangnya, banyak entrepreneurs yang melewatkan strategi yang satu ini.

Kurang Memaksimalkan Fitur Di Instagram: Feeds, Stories, Dan IGTV

Sumber: Yandex.com

Strategi marketing lewat Instagram yang tidak boleh diabaikan adalah penggunaan beberapa fitur penting, seperti Instagram feeds, stories dan IGTV. Penggunaan feeds dapat dimaksimalkan dengan cara menerapkan tema warna, objek atau bingkai foto yang senada untuk memberikan kesan rapi dan estetik. Tidak lupa juga dengan memanfaatkan stories sebagai media pemasaran produk.

Baca: 5 Teknik Social Proof Efektif Untuk Tingkatkan Reputasi Bisnis Online

Dilansir dari embedsocial.com, pada Januari 2019, sebanyak 500 juta pengguna Instagram menggunakan stories setiap harinya. Sedangkan untuk penggunaan IGTV memungkinkan anda untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang.

Melakukan Promosi Bisnis Di Instagram Secara Berlebihan

Sumber: Yandex.com

Tidak ada salahnya jalankan strategi pemasaran instagram secara rutin karena langkah ini juga merupakan strategi digital marketing Instagram. Namun, jika anda melakukannya secara berlebihan, maka hal tersebut tidak akan efektif untuk perkembangan bisnis anda. Dikutip dari Stackla, sebesar 45% para konsumen akan unfollow akun bisnis yang melakukan promosi secara berlebihan.

Baca: 5 Langkah Mudah Lakukan Validasi Ide Bisnis Online Menguntungkan 

Promosi bisnis secara berlebihan bisa mengganggu bagi konsumen karena terlalu sering melihat postingan anda. Maka, dibutuhkan strategi pemasaran instagram, serta tips marketing Instagram yang tepat untuk menentukan kapan waktu terbaik melakukan promosi dan bagaimana cara berpromosi yang benar.

Memanfaatkan Jasa Jual Beli Followers Di Instagram Untuk Akun Bisnis

Sumber: Yandex.com

Banyaknya jumlah followers di Instagram memang mampu menjadikan akun bisnis anda terlihat menarik dan nyata. Namun, untuk mendapatkan banyak followers dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, terlebih lagi untuk para pebisnis yang baru memulai bisnis online. Namun, cara instan seperti menggunakan jasa jual beli followers di Instagram sangat tidak direkomendasikan.

Baca: Mengenal Search Engine Optimization Sebagai Strategi Digital Marketing

Followers yang diperoleh dari hasil membeli memberikan dampak negatif pada perkembangan akun bisnis anda. Salah satunya adalah dengan tidak tercapainya target pasar bisnis anda karena mayoritas followers tersebut adalah robot. Selain itu, resiko besar yang dapat terjadi pada akun anda adalah diblokir oleh pihak Instagram.

Spamming Ke Akun Instagram Lain Untuk Mempromosikan Bisnis

Sumber: Yandex.com

Pernah melihat postingan publik figur di Instagram yang komentarnya dipenuhi oleh berbagai macam akun bisnis yang mempromosikan produk mereka? Jika hal ini dilakukan secara berlebihan, justru publik cenderung menganggapnya sebagai spamming dan menjadikan pemilik akun Instagram yang di spam merasa tidak nyaman. Tentunya, langkah ini bukanlah strategi marketing jualan di Instagram yang efektif.

Itulah kesalahan yang sering dilakukan entrepreneurs dalam menerapkan strategi marketing online di Instagram. Bila anda membutuhkan cara mengelola akun bisnis online di Instagram, serta mengembangkannya dengan baik, silakan Hubungi Kami untuk memulai konsultasi secara online dan temukan strategi pemasaran instagram terbaik untuk bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: