Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online - KLUBMARKETING.COM

KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Cara Memulai Digital Marketing
Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online | Halo Sobat Marketing! Tahukah anda, di era serba digital seperti sekarang ini, sudah ada banyak ragam strategi bisnis dan marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemasaran bisnis online? Namun, sebelum memulai mengaplikasikannya ke dalam bisnis, tentu anda juga harus mempelajari dulu apa itu digital marketing.

Sejauh ini, strategi efektif untuk meningkatkan pemasaran bisnis online adalah dengan memaksimalkan penggunaan website bisnis dan pemasaran media sosial. Nah, sebagai referensi dan panduan anda, maka kali ini KlubMarketing.com akan membahas cara memulai digital marketing, dan digital marketing strategy paling powerful untuk mengembangkan pemasaran bisnis online anda.

DAFTAR ISI

1. Mengenal Digital Marketing
2. Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis
3. Mengapa Pebisnis Harus Mulai Menjalankan Digital Marketing?
4. Apakah Digital Marketing Efektif Untuk Semua Jenis Bisnis?
5. Studi Kasus Digital Marketing Powerful
6. Cara Memulai Strategi Digital Marketing Dengan Result Maksimal
7. Siap Menjalankan Digital Marketing, Selanjutnya Bagaimana?

Mengenal Digital Marketing

Sumber: Pexels.com

Sebagai bagian dari strategi pemasaran, peran digital marketing kini cukup vital dalam bisnis. Pengembangan pemasaran bisnis dengan memaksimalkan strategi digital marketing ini biasanya meliputi beberapa hal berikut:

Search Engine Optimization (SEO), Content Marketing, Social Media Marketing, Pay Per Click (PPC), Affiliate Marketing, Native Advertising, Marketing Automation, Email Marketing, Online PR, Inbound Marketing, Sponsored Content

Tujuan dari strategi pemasaran digital yang dijalankan secara konsisten adalah untuk menjangkau target konsumen, serta calon konsumen lebih luas. Apalagi, saat ini para konsumen dan calon konsumen hampir selalu online dengan menggunakan berbagai macam media digital, seperti email, website, dan social media. Maka dari itu, menginvestasikan waktu dan uang dalam memanfaatkan peran digital marketing perlu dipertimbangkan.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

Sumber: Pexels.com

Saat ini semakin banyak konsumen yang melakukan riset produk secara online sebelum mereka benar-benar melakukan pembelian.

Menurut data dari Forbes, 82% konsumen sering melakukan riset online sebelum pembelian. 

Jadi, tidak ada cara lain yang lebih efektif selain memulai strategi digital marketing untuk bisnis anda mulai dari sekarang. Berikut manfaat lain memaksimalkan digital marketing untuk bisnis.

1. Biaya Promosi Lebih Efektif & Terukur

Salah satu manfaat digital marketing adalah strategi ini merupakan cara yang paling efektif, terukur, serta lebih hemat biaya, terutama bagi pelaku bisnis UKM. Dibandingkan dengan media tradisional, seperti TV, Radio, Billboard Advertising, tentu saja memaksimalkan strategi digital marketing menjadi alternatif menarik.

2. Membangun Bisnis Kompetitif Sehingga Meningkatkan Penjualan

Kemudahan mendapatkan insight analytics setelah menjalankan strategi digital marketing tentu saja akan membantu dalam menyusun proyeksi pendapatan bisnis di masa yang akan datang. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan menjadi lebih kompetitif dalam menyajikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu, dengan menjalankan strategi digital marketing, pemilik bisnis dapat menjangkau dan melibatkan konsumen, maupun calon konsumen bisnis dengan lebih maksimal, sehingga pada akhirnya membantu meningkatkan potensi income dari bisnis yang dijalankan.

3. Bisnis Dapat Terhubung Langsung Pada Konsumen Secara Online

Saat ini sebagian besar pelaku bisnis dan para konsumen hampir selalu online dengan menggunakan berbagai macam media, seperti facebook, whatsapp, instagram, email, dan website. Oleh karena itu, dengan adanya media online tersebut, manfaatkanlah untuk mengenalkan bisnis lebih luas kepada target konsumen.

Mengapa Pebisnis Harus Mulai Menjalankan Digital Marketing?

Sumber: Pexels.com

Saat ini, konten digital yang menjadi bagian dari strategi digital marketing mudah ditemukan dimana saja. Contohnya, ketika membuka smartphone, muncul notifikasi dari website tertentu. Atau saat membuka instagram, banyak brand yang berusaha menciptakan konten menarik supaya target marketnya mudah mengenal tentang brand anda, sehingga akhirnya tertarik melakukan pembelian.

Sebenarnya ada banyak opsi dalam menjalankan strategi digital marketing efektif. Gunakan kreatifitas dan beranilah dalam bereksperimen menciptakan berbagai taktik marketing yang sesuai budget pemasaran anda. Manfaatkan analytics tools untuk memonitor ROI, dan kesuksesan kampanye pemasaran yang berjalan. Menjalankan digital marketing artinya semuanya bisa diukur, dibanding promosi di billboard/print ad.

Singkat kata, bila anda sebagai business owner ingin menciptakan bisnis yang kompetitif, maka menjalankan strategi digital marketing menjadi salah satu cara terbaik di era internet saat ini.

Apakah Digital Marketing Efektif Untuk Semua Jenis Bisnis?

Sumber: Pexels.com

Faktanya, digital marketing sangat bisa diaplikasikan ke semua industri dan jenis bisnis. Mulailah dari menciptakan buyer persona berisi informasi bisnis anda, serta target konsumen ideal yang ingin dibidik. Kemudian, kombinasikan dengan strategi konten valueable yang berguna buat audiens bisnis anda. Namun, tidak setiap jenis bisnis harus mengimplementasikan strategi digital marketing yang sama, disesuaikan dengan industrinya.

Digital Marketing Untuk Tipe Business to Business (B2B)

Untuk B2B, strategi digital marketing anda seharusnya difokuskan pada online lead generation, dengan goal akhir supaya calon konsumen tersebut langsung berbicara ke tim sales anda. Maka, dengan itu, sebaiknya maksimalkan fokus strategi pemasaran anda untuk menarik lebih banyak high quality leads lewat website, atau bereksperimen dengan LinkedIn Marketing.

Digital Marketing Untuk Tipe Business to Consumer (B2C)

Dalam fokus penjualan business-consumer (B2C), maka sebaiknya maksimalkan strategi digital marketing anda untuk menarik calon konsumen ke sosial media instagram dan website penjualan e-commerce atau toko online, sehingga pembeli bisa langsung bertransaksi tanpa harus berbicara dengan tim sales. 

Dalam setiap buyer journey calon konsumen, bentuklah suatu pengalaman yang membuat mereka semakin tertarik melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Contohnya, saat prospek konsumen mampir ke website bisnis anda, tampilan yang user friendly akan memudahkan pembelian sehingga transaksi cepat terselesaikan.

Dalam strategi B2C marketing, pemilik bisnis online seharusnya juga lebih fokus mengkomunikasikan berbagai fitur produk di website toko online yang anda miliki, dibandingkan dengan strategi yang dijalankan di jenis bisnis B2B. Begitupun juga CTA yang lebih kuat, tentu sangat dibutuhkan di bisnis B2C anda.

Studi Kasus Digital Marketing Powerful

Sumber: Pexels.com

Pada dasarnya, digital marketing memiliki potensi untuk mengubah cara suatu bisnis dalam menggapai dan membangun komunikasi dengan target konsumen. Berikut beberapa studi kasus nyata mengenai bagaimana taktik digital marketing yang tepat bisa membantu bisnis meningkatkan konversi penjualan.

Tim kami berhasil membantu konsultan pendidikan lokal mendapatkan 906 leads baru dalam waktu 30 hari melalui strategi Influencer Marketing. 

Studi kasus ini menggambarkan benefit dari menjalankan strategi digital marketing efektif. Dengan menjalankan strategi yang sesuai, beserta implementasi strategi yang efektif, keberadaaan bisnis anda akan lebih banyak dikenal target market baru, dan meningkat dari sisi konversi penjualan, dalam hitungan bulan saja.

Dalam tahap inilah, digital marketing baru terasa sangat vital bagi awareness dan kelangsungan bisnis anda. Kini, bisa diperhatikan bagaimana brand lain yang menjadi kompetitor anda sudah memiliki website bisnis. Atau setidaknya mereka sudah mempunyai profil media sosial dan menjalankan strategi iklan digital.

Cara Memulai Strategi Digital Marketing Dengan Result Maksimal

Sumber: Pexels.com

Tahap Pertama: Tentukan Profil Konsumen & Value Preposition Bisnis Online Anda

Bisnis tidak akan bertumbuh tanpa adanya konsumen yang tepat. Berawal dari mindset inilah seharusnya anda memulai strategi digital marketing untuk bisnis online anda. Target konsumen yang tepat, dengan strategi digital marketing yang efektif, tentu akan memunculkan leads, serta konversi penjualan yang tinggi.

Berdasarkan studi Juniper Research, pendekatan digital marketing yang ditujukan untuk targeted consumers berhasil meningkatkan hasil konversi hingga 355% via e-mail marketing, serta meningkatkan profit bisnis hingga 781%.

Untuk memulai merangkum profil konsumen bisnis online, anda bisa lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Melakukan analisa profil target konsumen ideal bisnis anda.
  2. Mengevaluasi siklus tipe konsumen yang ada saat ini, serta potensi di masa depan.
  3. Melakukan observasi, serta memprediksi respons dan perilaku pembelian konsumen.
  4. Mendefinisikan pilihan channel pemasaran sesuai keberadaan target konsumen ideal anda.
  5. Memahami tantangan dan problem yang dihadapi target konsumen.
  6. Strategi komunikasi terhadap solusi atas problem tersebut sesuai layanan/produk anda.

Setelah menemukan profil konsumen ideal bisnis anda, mulailah ciptakan strategi digital marketing yang relevan. Namun, bila masih memerlukan insight, sekaligus edukasi yang lebih detail, rajinlah membaca referensi dari blog digital marketing atau bergabunglah dengan group komunitas digital marketing indonesia.

Tahap Kedua: Tentukan Budget Untuk Menjalankan Pemasaran Online

Pahami dahulu, bila anda memutuskan berkomitmen menjalankan strategi digital marketing, maka sebenarnya budget yang dikeluarkan sebaiknya tidak dianggap sebagai cost, namun investment. Budgeting yang bisa diaplikasikan adalah menaruh 70% untuk strategi digital marketing yang sudah terbukti efektif terhadap sales, 20% untuk menjalankan opsi strategi pemasaran baru, dan 10% untuk melakukan strategi pemasaran eksperimen yang belum pernah dilakukan, namun berpotensi bisa membantu mendongkrak sales.

Tahap Ketiga: Tentukan Channel & Strategi Digital Marketing

Porsi terbesar strategi digital marketing yang harus dilakukan saat ini sebaiknya ada di pembuatan website bisnis, instagram marketing, dan search engine optimization yang menjadi strategi dasar memulai digital marketing untuk bisnis online milik anda.

Mengenai channel pemasaran, kini sudah ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan target market audiens anda. Diantaranya facebook, whatsapp, instagram, line, dan youtube marketing yang masih relevan dan banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Penting sekali merancang planning strategi digital marketing sebelum launching digital campaign. Tentukan dulu goals bisnis online anda, lalu buatlah strategi sesuai objective tersebut, serta cara mengukur efektifitasnya.

Bila ingin menggapai lebih banyak konsumen market global, atau meningkatkan reputasi bisnis online, anda bisa mulai membuat website bisnis sebagai strategi pemasaran digital.

Saya Sudah Siap Menjalankan Digital Marketing, Selanjutnya Bagaimana?

Sumber: Pexels.com

Bila anda ingin berdiskusi dalam mengembangkan strategi digital marketing ataupun strategi content marketing yang efektif, maka saat ini anda bisa Hubungi Kami untuk mulai konsultasi online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *