KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Belajar Copywriting Efektif Sebagai Strategi Penjualan Bisnis Online

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Belajar Copywriting Efektif Sebagai Strategi Penjualan Bisnis Online | Halo Sobat Marketing! Saat ini,  teknik pemasaran efektif sebuah bisnis lebih banyak dilakukan secara online. Perkembangan era digital yang kian masif memberikan banyak kemudahan untuk para pebisnis dalam mempromosikan barang atau jasa kepada para calon pembeli. Selain mudah, melakukan promosi secara online juga memberikan banyak keuntungan, mulai dari segi waktu hingga biaya.

Baca: Mengenal Search Engine Optimization Sebagai Strategi Digital Marketing

Salah satu cara yang bisa anda terapkan dalam melakukan promosi bisnis online adalah dengan memanfaatkan copywiriting. Sebagai bagian dari strategi pemasaran sebuah bisnis, copywriting membantu mempromosikan sebuah barang atau jasa dengan mengandalkan kekuatan tulisan marketing. Jika para pebisnis mampu menerapkan teknik copywriting efektif, maka target market konsumen yang membaca iklan tersebut akan seketika bisa tertarik mengetahui lebih dalam produk dan jasa yang anda tawarkan.

Baca: 7 Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan Dan Bisa Memberikan Keuntungan Maksimal

Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh CMI, ditemukan bahwa content marketing memberikan persentase keberhasilan penjualan sebesar 19% dalam sebuah bisnis. Artinya, apabila anda mulai mempertimbangkan content marketing-termasuk melakukan optimasi teknik copywriting sebagai strategi bisnis online anda secara jangka panjang, maka hal ini dapat mendukung para entrepreneur untuk membangun brand awareness dan menyampaikan value brand kepada publik dengan lebih efektif.

Peran Copywriting Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Sumber: Unsplash.com

Copywriting efektif menjadi salah satu strategi pemasaran yang kini dibutuhkan oleh banyak pebisnis online. Mengembangkan tulisan yang bisa menarik minat calon pembeli memang cukup menantang dilakukan. Namun, bila didukung dengan keahlian dan pengetahuan yang tepat, merangkai kata yang relevan dengan kebutuhan target market pun bisa tercapai.

Baca: Manfaat Blog Untuk Bisnis Yang Jarang Disadari Pengusaha Indonesia

Peran copywriting semakin krusial untuk bisnis online dengan adanya keberadaan blog, website professional, serta platform media sosial yang beragam. Bahkan, dari hasil studi HubSpot menyatakan bahwa perpaduan antara copywriting dan konten marketing mampu menaikkan traffic website hingga 3.5 kali sehingga dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap penjualan produk.

Memahami Ragam Tipe Copywriting Efektif

Sumber: Unsplash.com

Menerapkan copywriting ke dalam bisnis online dengan tujuan mempromosikan barang atau jasa memerlukan strategi yang tepat. Maka dari itu, anda harus mengenal terlebih dahulu beberapa ragam tipe copywriting efektif sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis anda. Setiap target pasar tentu memerlukan cara berkomunikasi yang berbeda. Dengan memilih ragam tipe copywriting efektif yang tepat, maka kampanye marketing anda akan mencapai tujuan yang anda inginkan.

Tipe 1: Story Telling

Menjalankan sebuah iklan yang dikemas dalam sebuah cerita tentu saja memberikan daya tarik tersendiri untuk menarik banyak calon pembeli. Hal inilah yang menjadi tujuan dari penulisan storytelling agar marketers memiliki kemampuan untuk merangkai kata yang dapat meninggalkan kesan terhadap para pembacanya. Mulailah berlatih untuk menciptakan jalan cerita menarik yang mampu membuat target market anda betah membaca hingga akhir paragraf, dan hingga akhirnya berminat untuk membeli produk anda.

Tipe 2: Forthright Copy

Fokus utama dari tipe penulisan forthright copy adalah untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan produk yang dijual. Hal tersebut menjadi poin plus karena mampu memberikan kesan realistis dan jujur mengenai sebuah produk, sehingga para pembaca percaya dengan apa yang disampaikan.

Tipe 3: Teaser Copy

Penulisan copywriting jenis teaser copy memancing rasa penasaran para pembaca untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk anda. Teaser copy tergolong unik karena penggunaan gaya bahasa menggelitik, serta menggunakan strategi emosional yang membangun rasa penasaran sehingga mampu mendorong calon pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.

Tipe 4: Hyperbolic Copy

Penggunaan gaya bahasa hiperbola atau cenderung berlebihan memang mampu menarik minat para pembaca. Biasanya, jenis penulisan hyperbolic copy lebih menonjolkan sisi produk yang dijual sehingga terlihat unggul dan berbeda dari produk lainnya. Namun, perlu diperhatikan juga apabila penggunaan tipe copywriting ini tidak sesuai dengan produk aslinya, maka hal tersebut dapat berdampak pada kekecewaan para calon pembeli.

Teknik Pemasaran Efektif Melalui Copywriting

Sumber: Unsplash.com

Dalam proses pencapaian target penjualan melalui copywriting, terdapat beberapa teknik pemasaran efektif yang dapat diterapkan guna mengoptimalkan aktifitas marketing kepada calon pembeli. Dikutip dari statista.com, content marketing di dunia maya mempunyai presentase efektifitas yang cukup tinggi hingga 30%. Itu artinya, bila strategi copywriting diterapkan secara jangka panjang ke dalam aktifitas pemasaran bisnis online anda, maka tujuan bisnis seperti kenaikan penjualan turut meningkat. Berikut teknik pemasaran dan strategi efektif yang bisa diterapkan ke dalam strategi copywriting untuk penjualan bisnis online anda.

A. Melakukan Riset Calon Pembeli

Menentukan target calon pembeli harus melalui riset terlebih dahulu supaya produk yang ditawarkan tepat sasaran. Aspek penting yang perlu anda perhatikan diantaranya seperti jenis kelamin, usia, hingga jenis pekerjaan target audiens bisnis anda. Kemudian, berikan solusi yang mereka butuhkan melalui produk atau jasa yang anda tawarkan.

B. Memberikan Ultimate Value Kepada Calon Pembeli

Tulisan yang mampu membuat pembaca tertarik harus mampu menuliskan fakta, beserta studi kasus yang menarik minat audiens anda. Berikan kesan langka dan terbatas pada bisnis yang anda tawarkan, sehingga para pembaca merasakan kesempatan untuk mendapatkan produk tersebut sangat sedikit dan secara langsung mendorong calon pembeli untuk segera melakukan transaksi.

C. Pembuatan Headline Yang Menarik

Pemilihan kata kunci yang tepat serta gabungan kata yang menarik mampu menggugah para calon pembeli untuk membacanya. Melalui sebuah headline, siapa saja yang membaca tulisan tersebut jadi mengetahui topik pembahasan apa yang diulas. Mulai dari keunggulan produk, cara penggunaan, dan topik lain terkait edukasi bisnis online anda.

D. Ciptakan Komunikasi Dengan Target Audiens

Meskipun tujuan utama dari copywriting adalah untuk menawarkan sebuah produk, namun hal penting lainnya yang patut diperhatikan adalah menciptakan komunikasi dengan para pembaca. Maka dari itu, agar komunikasi dapat terbangun dalam sebuah tulisan copywriting, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target pembaca. Lalu, gunakan angle cerita yang relevan dengan target audiens bisnis online anda, diikuti dengan tawaran solusi yang dibutuhkan oleh mereka.

E. Maksimalkan Tulisan Edukatif & Komprehensif

Menyebarkan edukasi mengenai produk atau jasa anda dapat membuat audiens lebih memahami penawaran anda dengan lebih baik. Informasi lengkap yang dapat memberikan gambaran utuh kepada para target market membuka peluang meningkatnya trust calon pembeli terhadap bisnis online anda. Dengan demikian, pada akhirnya bisa menarik minat pembeli untuk segera bertransaksi.

F. Cantumkan Copywriting Berupa Data Statistik

Semakin detail, akurat, serta faktual tulisan copywriting yang anda ciptakan, maka kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis anda akan terbangun lebih baik. Bahkan, hasil studi HubSpot dikatakan bahwa data statistik sebagai strategi penulisan copywriting perlu diaplikasikan oleh para pemilik bisnis online untuk meningkatkan 96% kepercayaan pembeli.

G. Menerapkan Teknik Call-To-Action

Best practice penerapan call-to-action adalah di bagian akhir tulisan. Setelah menjelaskan topik sebuah produk atau jasa yang ditawarkan, maka jangan lupa meletakkan kalimat call-to-action yang mengajak audiens membeli layanan atau produk yang ditawarkan. Dengan begitu, calon pembeli juga mengetahui bagaimana cara menyelesaikan transaksi.

H. Menggunakan Strategi Growth Hacking

Growth hacking dibutuhkan dalam dunia marketing dengan cara memanfaatkan publikasi melalui beberapa media, diantaranya e-mail, blog, dan landing page. Dalam menerapkan teknik growth hacking, anda harus bisa mempengaruhi audiens sehingga bisa mendapatkan feedback secara langsung dari produk yang anda tawarkan.

Belajar Copywriting Efektif Untuk Bisnis Online, Mulai Darimana?

Sumber: Unsplash.com

Dalam menjalankan bisnis online yang banyak mengandalkan copywriting, kemampuan merangkai kata dibutuhkan untuk menarik para calon pelanggan. Namun, bagaimana jadinya jika anda tidak menguasai teknik penulisan copywriting? Tidak perlu khawatir, selain mengikuti kursus copywriting online,  anda juga bisa mulai belajar copywriting dengan menerapkan langkah awal berikut.

Memahami Bisnis Secara Keseluruhan

Penulisan copywriting tidak akan sempurna jika anda tidak memahami produk dan layanan yang anda tawarkan. Dengan memahami produk lebih dalam, maka anda akan mampu mendapatkan gambaran lengkap mengenai tulisan copywriting seperti apa yang perlu anda kembangkan untuk mempromosikan bisnis online anda. Selain itu, tulisan copywriting yang anda buat juga akan lebih menarik bagi target audiens yang anda bidik hingga akhirnya bisa tertarik melanjutkan transaksi.

Mengasah Kemampuan Bercerita

Sebuah produk yang bagus tidak akan tersampaikan dengan baik melalui tulisan jika anda tidak mampu mengemasnya dengan baik. Dengan mengasah kemampuan anda dalam bercerita mengenai sebuah produk, maka semakin sering dilakukan maka kualitas penulisan anda akan meningkat.

Pemahaman Baik Terhadap Formula AIDA

Formula AIDA pasti sudah tidak asing lagi untuk didengar oleh para copywriter. AIDA merupakan formula penulisan yang terdiri dari Attention (Perhatian), Interest (Ketertarikan), Desire (Kemauan) dan Action (Tindakan). Kuasai formula penulisan ini sehingga tulisan yang anda ciptakan sangat efektif untuk menarik minat audiens anda.

Efisiensi & Efektivitas Kalimat

Meskipun dalam copywriting disarankan untuk menggunakan tulisan yang komprehensif, namun yang perlu diperhatikan mengenai efisiensi dan efektivitasnya. Penggunaan kalimat yang lugas dan to the point mampu memberikan pemahaman secara cepat kepada para pembaca dengan menonjolkan berbagai poin penting yang memang harus diketahui oleh calon pembaca.

Baca: Strategi Jitu Memulai Bisnis Online Dari Nol Agar Menguntungkan

Itulah peran teknik copywriting yang bisa dijadikan strategi penjualan bisnis online anda. Apabila anda masih mengalami kesulitan mempelajari cara penulisan copywriting efektif yang bisa mendukung perkembangan bisnis online anda, silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan solusi terkait pembuatan konten artikel copywriting berkualitas sesuai kebutuhan anda. Semoga Bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: