KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

Begini Cara Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Tiktok

Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – Begini Cara Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Tiktok | Halo Sobat Marketing! Kehadiran aplikasi Tiktok saat ini sukses mendorong banyak individu dari seluruh dunia untuk mengekspresikan diri melalui video kreatif dengan alunan musik khas aplikasi TikTok. Penggunaannya yang mudah dengan fitur menarik, menjadikan jejaring sosial dari Tiongkok ini digemari oleh berbagai kalangan, terutama millenials dan gen Z.

Baca: Mengenal Perbedaan Paid Promote Dan Endorse Agar Jualan Laris Manis

Dikutip dari Hootsuite, tahun 2020 aplikasi Tiktok mendapatkan peringkat nomor satu yang paling banyak diunduh, yakni mencapai 849 juta kali. Melihat antusiasme para pengguna Tiktok, maka tidak heran jika hal tersebut juga menarik perhatian para pebisnis untuk melakukan promosi di Tiktok. Lalu, bagaimana cara iklan di Tiktok agar terlihat menarik sehingga dapat mendorong penjualan kian meningkat? Simak ulasan KlubMarketing.com berikut!

Membuat Konten Video Unik/Emosional Saat Perkenalkan Produk

Sumber: Yandex.com

Menampilkan video untuk melakukan promosi bisnis tidak hanya sekedar menonjolkan produk saja, tapi anda juga harus bisa membuat sebuah konten video yang unik dan mampu membangun hubungan emosional dengan calon konsumen. Dengan menggunakan storytelling yang tepat, maka keingintahuan publik untuk melihat video produk anda di Tiktok semakin terbentuk sehingga akan mencari tahu lebih banyak tentang produk anda.

Baca: Cara Memulai Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Dilansir dari biteable, sebesar 92% orang-orang mampu mengambil pesan atau makna dalam sebuah video dibandingkan melalui tulisan. Selain itu, sebesar 72% para calon konsumen lebih memilih untuk menonton sebuah video ketika ingin mengetahui lebih detail mengenai produk yang ingin mereka beli. Oleh karena itu, keunikan video dan narasi storytelling menarik yang anda ciptakan menjadi salah satu cara terbaik jika ingin melakukan promosi di Tiktok.

Gunakan Musik Populer TikTok & Manfaatkan Hashtag Challenge

Sumber: Yandex.com

Menggunakan musik populer TikTok pada video juga sering diterapkan oleh pebisnis supaya konten mereka disukai oleh banyak pengguna TikTok dan anda pun dapat melakukan hal yang sama. Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag challenge yang mempunyai pengaruh besar terhadap engagement dari video anda. Hashtag challenge secara tidak langsung melibatkan banyak audiens untuk berpartisipasi dalam proses promosi bisnis anda.

Baca: 5 Teknik Social Proof Efektif Untuk Tingkatkan Reputasi Bisnis Online

Dikutip dari Hootsuite, 35% pengguna TikTok berpartisipasi dalam hashtag challenge. Hasil data dari mediakix pun menyatakan bahwa setiap bulannya, aplikasi TikTok mampu menaikkan engagement hingga mencapai lebih dari 70%. Hal tersebut akan menguntungkan anda sebagai pebisnis dan menjadi salah satu strategi mengembangkan bisnis secara online yang patut anda terapkan.

Menjalin Kolaborasi Dengan Influencer TikTok

Sumber: Yandex.com

Berkolaborasi dengan influencer dalam mempromosikan produk memang menjadi salah satu cara berjualan di Tiktok yang efektif untuk menarik perhatian calon konsumen. Dilansir dari influencermarketinghub, sebanyak 67% para pebisnis mengandalkan jasa influencer untuk melakukan promosi konten di media sosial. Terlebih lagi saat ini, sebanyak 91% kaum milenial lebih mempercayai ulasan sebuah produk secara online dan menjadi pertimbangan mereka sebelum membeli produk yang diminati.

Baca: 7 Teknik Copywriting Efektif Agar Landing Page Hasilkan Konversi Penjualan Tinggi

Alasan lain mengapa anda membutuhkan influencer dalam mengembangkan bisnis adalah karena hasil data dari convinceandconvert menyatakan bahwa sebesar 63% para konsumen lebih mempercayai pesan yang dikatakan oleh para influencer saat melakukan promosi. Tidak hanya itu, sebesar 61% menyetujui bahwa mereka lebih mempercayai seorang influencer yang mewakili atau memiliki kesamaan dengan mereka sehingga pesan yang disampaikan lebih dipercaya kredibilitasnya.

Deskripsi Caption Video Jelas & Memakai Call To Action Di Akhir Video

Sumber: Yandex.com

Penggunaan deskripsi pada video yang anda unggah juga membantu para pengguna TikTok untuk memahami produk yang ditawarkan. Dalam pembuatan caption, anda dapat menerapkan teknik copywriting untuk meningkatkan omzet penjualan. Terlebih lagi jika diberi penambahan call to action untuk mengarahkan calon konsumen membeli produk anda.

Baca: Teknik Jitu Agar Customer Cepat Closing Saat Belanja Online

Data dari hubspot menyatakan bahwa penggunaan call to action dalam promosi produk mampu meningkatkan peluang penjualan hingga mencapai 202%. Dilansir dari Cincopa, sebesar 80% para pebisnis menggunakan call to action pada akhir video yang digunakan untuk melakukan promosi. Hal ini dikarenakan call to action mampu mempengaruhi calon konsumen untuk langsung menghubungi dan melakukan transaksi pembelian.

Maksimalkan TikTok Ads Untuk Jangkauan Promosi Yang Lebih Luas

Sumber: Yandex.com

Promo Tik Tok yang tidak kalah efektif adalah dengan memanfaatkan TikTok Ads, yaitu fitur untuk mempromosikan sebuah bisnis melalui beberapa cara periklanan. Salah satunya dengan menerapkan fitur Pre-roll ads yang akan memunculkan iklan setelah para pengguna membuka aplikasi TikTok dan In-feed ads saat pengguna melakukan scrolling feed.

Baca: Bagaimana Influencer Yang Efektif Bisa Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Penggunaan TikTok ads sebagai bagian dari strategi bisnis online melalui TikkTok adalah cara viral di Tiktok dalam memperkenalkan bisnis anda karena video promosi produk anda akan selalu update di banyak akun pengguna TikTok. Melihat iklan produk anda secara terus menerus dapat memancing rasa penasaran para pengguna aplikasi ini terhadap produk bisnis anda.

Riding The Trend Wave: Manfaatkan Filter & Effect Populer TikTok

Sumber: Yandex.com

Tren di media sosial selalu berubah seiring berjalannya waktu, tidak terkecuali pada aplikasi TikTok. Sebagai seorang pebisnis, anda harus jeli melihat peluang agar dapat riding the trend wave dengan memanfaatkan berbagai macam filter dan effect menarik di TikTok. Selain menjadikan tampilan video anda lebih baik, penggunaan filter serta effect populer juga menjadikan anda turut berpartisipasi terhadap trend yang sedang diminati oleh banyak orang.

Bila anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai cara meningkatkan penjualan di aplikasi TikTok, terlebih lagi bagi anda yang baru memulai bisnis online dan ingin berkonsultasi mengenai cara promosi Tik Tok, silakan Hubungi Kami. Bila ada pertanyaan mengenai cara tingkatkan penjualan bisnis online melalui TikTok, silakan tanyakan di kolom komentar. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: