KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

7 Teknik Copywriting Efektif Agar Landing Page Hasilkan Konversi Penjualan Tinggi

Sumber: Unsplash.com

KlubMarketing.com – 7 Teknik Copywriting Efektif Agar Landing Page Hasilkan Konversi Penjualan Tinggi | Halo Sobat Marketing! Ada banyak sekali aspek dalam pemasaran digital yang dapat membantu perkembangan bisnis online. Selain website bisnis, anda juga dapat mengandalkan konversi landing page untuk meningkatkan penghasilan bisnis anda. Namun, sebelum merilis sebuah landing page, ada 7 teknik penting yang perlu dipahami dahulu terkait teknik copywriting landing page. Simak ulasannya dalam artikel ini ya, Sobat Marketing!

Memahami Perbedaan Home Page Website & Landing Page

Sumber: Unsplash.com

Mungkin anda belum pernah mendengar istilah landing page sebelumnya. Ini merupakan sebuah halaman website yang didesain khusus untuk tujuan pemasaran suatu produk atau jasa. Ketika calon konsumen melakukan klik di iklan sosial media anda, mereka biasanya akan diarahkan menuju ke landing page. Lalu, apa bedanya landing page dengan homepage sebuah website? 

Baca: Pentingnya Membuat Website Bisnis Sebagai Strategi Pemasaran Digital

Memang, secara sekilas keduanya terlihat sama. Namun, pada dasarnya homepage hanya ditujukan sebagai tampilan utama dalam sebuah website. Sementara landing page memiliki fungsi yang lebih spesifik, yakni mendorong pengunjung situs agar fokus pada penawaran suatu produk, untuk kemudian diarahkan agar segera bertransaksi. Transaksi yang dimaksud disini tidak hanya terkait aktifitas jual beli saja, namun pengunjung landing page dapat mengisi formulir tertentu atau mendapatkan informasi yang lebih detail dari suatu penawaran.

Fungsi dan Tujuan Landing Page untuk Bisnis Online

Sumber: Unsplash.com

Tujuan landing page tentu saja untuk mendorong pengunjung segera melakukan transaksi. Fungsi landing page jika dilihat dari jenisnya, ada dua. Pertama, yaitu landing page yang digunakan untuk mengumpulkan data pengunjung potensial yang bisa diolah kembali untuk aktifitas e-mail marketing. 

Baca: Pentingnya Menulis Konten Artikel SEO Berkualitas Untuk Blog Bisnis Online

Kedua adalah landing page yang berfungsi untuk mempercepat proses transaksi. Calon pelanggan lebih menyukai sesuatu yang praktis dan cepat tanpa perlu banyak tahapan yang dilalui. Dengan mereka melihat halaman landing page, mereka langsung mendapatkan jalur khusus untuk bisa memiliki produk.

Manfaat Copywriting Efektif Dalam Landing Page

Sumber: Unsplash.com

Peran landing page yang efektif tidak bisa terlepas dari penggunaan teknik copywriting. Adapun, berikut manfaat copywriting efektif dalam landing page.

1. Mendatangkan Keuntungan Penjualan Bagi Bisnis Online Anda
2. Mencapai Goals Bisnis dan ROI Yang Diinginkan
3. Menciptakan Branding Yang Lebih Meyakinkan & Profesional
4. Mempengaruhi Keputusan Target Konsumen Untuk Melakukan Tindakan Sekarang Juga

Teknik Copywriting Efektif Untuk Landing Page

Sumber: Unsplash.com

Setelah memahami strategi landing page dan peran copywriting dalam kesuksesan kampanye landing page, langkah selanjutnya adalah mengetahui teknik copywriting yang tepat untuk landing page.

A. Headline Emosional Sesuai Karakter Target Pembeli

Masyarakat Indonesia memiliki karakteristik rasa ingin tahu yang tinggi. Anda dapat memanfaatkan karakteristik ini sebagai strategi pemasaran anda dengan menghadirkan sebuah copywriting headline yang emosional. Dengan demikian, pengunjung akan lebih tertarik mengetahui detail informasi yang ada di landing page.

Headline emosional ini tidak mesti berupa clickbait, namun dapat menimbulkan kesan to the point. Kemudian, tambahkan kata-kata seperti “Mudah” dan “Cepat” untuk memantik rasa penasaran pengunjung landing page. Karena pada dasarnya, karakter manusia secara umum adalah menginginkan sesuatu yang mudah dan cepat.

Selain itu, dalam membuat headline landing page bisnis, anda juga perlu memperhatikan aspek penting lainnya seperti penyampaian informasi yang jelas, fokus pada kreatifitas serta karakter pembeli, disampaikan to the point, dan menyesuaikan dengan user experience landing page agar nyaman dibaca pengunjung.

B. Penjelasan Benefit Jelas Sesuai Dengan Kebutuhan Target Konsumen

Secara umum calon konsumen tidak membeli produk anda karena harga ataupun fiturnya, namun karena benefit yang diperolehnya. Semakin jelas penjabaran benefit yang menarik bagi target konsumen, maka peluang transaksi pembelian akan lebih terbuka.

Baca: Mengenal Search Engine Optimization Sebagai Strategi Digital Marketing

Maksimalkan landing page dengan menampilkan ragam benefit yang sesuai dengan kebutuhan calon konsumen anda. Selain itu, gunakan teknik copywriting landing page efektif yang dapat menjawab kekhawatiran konsumen anda.

C. Mempersempit Opsi Penawaran dengan Call to Action Spesifik

Salah satu kesalahan penggunaan landing page adalah terlalu banyak penawaran dalam satu halaman landing page. Berdasarkan referensi dari buku Methods of Persuassion karya Nick Kolenda, dikatakan bahwa semakin banyak penawaran, maka calon konsumen malah akan merasa kebingungan dalam menyelesaikan transaksi.

Baca: Strategi Tingkatkan Omzet Bisnis: Up Selling, Down Selling, Cross Selling

Jadi, lakukan review terlebih dahulu di awal mengenai produk atau layanan apa yang akan anda promosikan landing page, atau pilih satu goal bisnis yang relevan sesuai kampanye landing page yang akan anda jalankan. Selain itu, maksimalkan juga konversi landing page anda dengan tampilan visual profesional yang mobile friendly.

D. Menggunakan Teknik Social Proof Untuk Tingkatkan Reputasi Bisnis

Social proof merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempengaruhi calon konsumen anda dalam mengambil keputusan pembelian. Beberapa bentuk teknik social proof yang dapat digunakan adalah informasi jumlah konsumen, jumlah social share, review dari publik figur, atau testimoni dari pelanggan yang puas.

E. Gunakan Teknik Urgensi & Keterbatasan Waktu (Scarcity)

Menggunakan kedua teknik ini dapat memunculkan dorongan kepada calon pelanggan untuk segera melakukan transaksi. Karena pada dasarnya, calon konsumen memiliki waktu yang sangat terbatas dalam memilih produk atau layanan yang dapat menyelesaikan kebutuhan, serta menjawab keresahan mereka.

Itulah teknik copywriting efektif agar landing page hasilkan konversi penjualan tinggi yang dapat dijadikan strategi pemasaran bisnis online anda. Apabila anda masih mengalami kesulitan mempelajari cara penulisan copywriting efektif yang bisa mendukung perkembangan bisnis online anda, silahkan Hubungi Kami untuk mengikuti kelas copywriting efektif dari KlubMarketing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: