KLUBMARKETING.COM

Blog Edukasi Digital Marketing

5 Cara Efektif Menentukan Target Market Bisnis Online

Klub Marketing - cara tentukan target pasar
Sumber: Yandex.com

KlubMarketing.com – 5 Cara Efektif Menentukan Target Market Bisnis Online | Halo Sobat Marketing! Tahukah anda? Merealisasikan sebuah ide bisnis tanpa mempertimbangkan target market yang tepat tidaklah cukup. Aktifitas pemasaran dan perkembangan bisnis online anda akan menjadi kurang optimal bila anda belum menentukan target market sejak awal.

Baca: Belajar Copywriting Efektif Sebagai Strategi Penjualan Bisnis Online

Menentukan target market ini sangat krusial dilakukan karena pada dasarnya anda tidak bisa menarik semua kalangan untuk membeli produk anda. Setiap bisnis wajib memiliki fokus pasar yang lebih spesifik dengan komunikasi pemasaran yang juga sesuai dengan niche market. Dengan demikian, pemasaran yang dilakukan juga lebih tepat sasaran. Berikut 5 cara tentukan target pasar yang bisa anda aplikasikan sebelum memulai bisnis online.

Pahami Manfaat Dan Keunggulan Bisnis Anda

Klub Marketing - target pasar bisnis online
Sumber: Unsplash.com

Penentuan target pasar yang tepat bisa dimulai dengan mengenali lebih dalam produk atau layanan yang akan anda tawarkan kepada masyarakat. Pahami lebih jauh karakteristik, kegunaan, serta keunggulan produk anda secara detail sehingga anda dapat menjabarkan secara spesifik apa yang menjadi keunggulan bisnis anda. Selain itu, pahami juga manfaat apa saja yang bisa anda berikan kepada calon konsumen anda kelak. Dengan pemahaman yang lebih mengerucut tentang produk anda, maka gambaran target pasar potensial bisnis anda akan terlihat lebih jelas.

Menciptakan Buyer Persona Dengan Teknik 5W + 1H

Klub Marketing - menentukan target pasar tepat
Sumber: Unsplash.com

Kenali terlebih dahulu siapa yang akan membeli produk anda sebelum siap launching. Paling tidak anda harus membayangkan pelanggan seperti apa yang anda tuju. Inilah yang biasa disebut dengan buyer persona dalam dunia marketing. Tahap ini merupakan kunci dasar untuk mengetahui siapa target pasar bisnis online anda ke depannya. Cara menentukan buyer persona dapat dilakukan dengan menuangkannya ke daftar pertanyaan 5W+1H.

1. Who (Siapa)

Informasi umum mengenai siapa pelanggan yang sesuai dengan bisnis anda masih harus digali lebih dalam lagi, seperti berapakah rentang usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan rentang pendapatan mereka. Rincian pertanyaan ini masih mungkin diperluas lagi seperti latar belakang suku/budaya yang mempengaruhi preferensi.

2. What (Apa)

Di poin ini anda harus mencari tahu hal apa yang menjadi tolak ukur calon konsumen untuk membeli produk anda. ’Apakah hobi dan ketertarikan mereka?’ Atau ‘Kebutuhan yang ingin mereka penuhi?’. Selain itu, anda pun bisa menggunakan pertanyaan ini untuk mengetahui media sosial apa yang biasa mereka akses.

3. When (Kapan)

Perhatikanlah bagaimana pola calon konsumen dalam membeli produk yang sesuai dengan niche bisnis anda. Apakah mereka melakukan pembelian karena sale akhir tahun, pembelian yang dilakukan secara rutin, atau hanya pada momen tertentu saja? Strategi pemasaran bisnis online yang efektif juga ditunjang dengan pengetahuan tentang kapan waktu yang tepat untuk memasarkan produk, seperti kapan calon target market paling aktif gunakan sosial media.

4. Where (Dimana)

Mengetahui domisili calon konsumen tinggal akan memudahkan anda dalam mempertimbangkan teknis pengantaran produk kepada pelanggan. Selain itu, dengan mengetahui area tinggal calon konsumen, anda juga dapat memahami bagaimana gaya atau tingkat hidup mereka sesuai lingkungan tempat tinggal mereka. Dengan demikian, strategi pemasaran yang dijalankan juga akan lebih tertarget dan efektif.

5. Why (Mengapa)

Alasan seseorang memilih suatu barang juga harus menjadi catatan. Anda harus tahu alasan mengapa mereka membeli produk kompetitor? Jika sebelumnya anda telah memiliki pelanggan, cobalah cari tahu mengapa mereka memilih produk anda dengan melakukan survei pelanggan.

6. How (Bagaimana)

Seringkali pilihan seseorang dalam menentukan produk yang sesuai dilihat dari gaya hidup dan kebiasaan berbelanja mereka. Kesempatan ini juga bisa menjadi informasi penting untuk menyesuaikan produk dengan karakteristik calon pelanggan.

Menerapkan Teknik Market Research Untuk Tentukan Target Market

Klub Marketing - strategi pemasaran bisnis online
Sumber: Unsplash.com

Informasi yang anda telusuri menggunakan seluruh daftar pertanyaan seperti di atas dapat anda peroleh melalui beberapa cara yang dikenal dengan market research. Cara paling mudah melakukan market research ini adalah dengan mengamati perilaku dan kebiasaan sampel target pasar anda di social media. Atau jika anda membutuhkan data yang lebih valid, teknik survey online atau diskusi wawancara langsung bisa dijadikan sebagai alternatif. Ketiga aktifitas tersebut tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan bersamaan terhadap kelompok yang berbeda.

Analisis Target Market Kompetitor

Klub Marketing - teknik pemasaran bisnis online
Sumber: Unsplash.com

Dengan mengamati niche bisnis yang sama, pahami bagaimana kompetitor menentukan target pasar tepat bagi bisnis mereka. Perlu diperhatikan juga, anda pun tidak dapat menggunakan target pasar yang benar-benar sama dengan milik kompetitor. Anda harus menciptakan suatu keunggulan yang berbeda dengan kompeitor anda. Tahap ini bisa anda lakukan sebelum atau bersamaan dengan langkah merumuskan teknik buyer persona agar pengumpulan data tidak berujung sia-sia karena tanpa sengaja terdapat kemiripan target pasar dengan kompetitor bisnis anda.

Menarik Pelanggan Cold, Warm, Dan Hot Market

Klub Marketing - mendatangkan traffic bisnis online
Sumber: Unsplash.com

Meskipun target market yang anda bidik adalah pasar yang sangat potensial, ada tiga tahapan kelompok konsumen yang akan anda temukan dalam aktifitas pemasaran. Pertama, mayoritas calon konsumen yang masih asing dengan nama brand anda, yaitu Cold Market. Kedua, merupakan konsumen yang sudah kenal brand anda, meski belum berlangganan (Warm Market). Terakhir, calon konsumen yang sudah tertarik berbelanja di toko online anda (Hot Market). Di sinilah hasil proses target marketing sebelumnya diterapkan untuk menarik pelanggan dengan teknik yang berbeda sesuai tahapan yang dilalui oleh calon konsumen.

1. Cold Market

Calon konsumen yang belum familiar dengan brand baru cenderung akan mengetahui brand tersebut dari media iklan dan konten yang ia temukan di media sosial atau blog. Dalam memperluas jangkauan awareness produk kepada target konsumen yang dituju, anda dapat memaksimalkan iklan promosi berbayar dari Google Ads, Instagram Ads, atau Marketplace Ads. Selain itu, jasa endorsement dari influencer profesional juga dapat dilakukan.

Baca: 7 Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan Dan Bisa Memberikan Keuntungan Maksimal

Sedangkan untuk media konten, pastikan agar mudah terdeteksi search engine melalui penerapan teknik SEO. Namun, akan lebih baik jika anda menggunakan video marketing content karena teknik ini mampu mempengaruhi rata-rata 46% pengguna media sosial untuk membeli suatu produk. Untuk membuat konten video yang menarik, sebaiknya pelajari terlebih dahulu strategi powerful jalankan video marketing agar jualan makin laris.

2. Warm Market

Di dalam fase ini, saatnya anda menggiring target market supaya beralih menjadi konsumen. Mulai jalankan teknik pemasaran bisnis online yang rutin ditujukan tepat ke setiap calon pelanggan, seperti menjalankan kampanye edukasi produk melalui email marketing, menginformasikan penawaran terkini produk anda melalui aplikasi WhatsApp, atau memberikan kupon diskon.

3. Hot Market

Di titik ini calon konsumen anda sudah memutuskan untuk menjadi pembeli. Momen ini wajib anda manfaatkan semaksimal mungkin dengan memberikan pelayanan yang baik, mulai dari proses pemesanan hingga produk akhirnya bisa sampai ke tangan konsumen. Dengan demikian, kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama sehingga dapat menciptakan testimonial positif dari konsumen yang telah melakukan transaksi sebelumnya agar dapat menarik minat calon konsumen baru.

Itulah 5 langkah efektif untuk membantu anda dalam menentukan target market. Bila anda membutuhkan bantuan audit strategi pemasaran digital anda, silahkan Hubungi Kami untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: